6 Cara mengusir semut ini mudah untuk Anda coba, lo

Kamis, 28 Oktober 2021 | 14:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Cara mengusir semut ini mudah untuk Anda coba, lo

ILUSTRASI. Ada banyak cara mengusir semut yang bisa Anda coba.


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Semut adalah salah satu jenis serangga yang cukup mengganggu. Apalagi jika keberadaannya dalam tempat tinggal Anda. Apabila Anda mengalami masalah tersebut, cara mengusir semut perlu Anda coba. mulai dari produk yang dijual di pasaran sampai bahan alami.

Pertama, Anda dapat memanfaatkan sabun tangan untuk membasmi semut. Anda hanya perlu menyemprotkan air sabun tangan ke jalur semut. Aroma yang keluar dari sabun akan menutupi aroma asli semut sehingga komunikasi antar semut menjadi terhalang.

Selain sabun tangan, masih banyak bahan-bahan lain yang bisa Anda pakai. Namun, apabila semut tak kunjung hilang, tak ada salahnya untuk meminta pertolongan layanan pengusir serangga. Dengan begitu, kemunculan semut yang mengganggu bisa hilang secara efektif.

Peppermint

Healthline (healthline.com) merekomendasikan minyak peppermint sebagai salah satu bahan yang efektif mengusir semut. Pertama, campur 10-20 tetes minyak peppermint dalam 2 gelas air. Semprotkan air minyak peppermint itu di beberaa sudut rumah yang biasa dilewati oleh semut.

Baca Juga: 4 Bahan alami cocok dijadikan pengusir tikus, apa saja?

Cuka Putih

Cara mengusir semut selanjutnya bisa Anda lakukan dengan memakai cuka putih. Campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 50:50. Sama seperti poin sebelumnya, Anda hanya perlu menyemprotkan air cuka tersebut di sekitar rumah.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi bisa Anda pakai sebagai cara mengusir semut.

Jika Anda mencari cara mengusir semut, maka bubuk kopi adalah salah satu pilihan yang tepat. Namun, pastikan untuk menggunakan bubuk kopi yang sudah diseduh, ya. Letakkan bubuk kopi yang sudah diseduh di atas permukaan datar lalu tempatkan di beberapa sudut rumah. Nantinya, semut akan masuk ke jebakan itu.

Tepung Jagung

Semut juga bisa Anda basmi memakai tepung jagung, lo. Anda hanya perlu menaburkan tepung jagung di atas koloni semut lalu guyur dengan air. Cara tersebut memang bisa membuat berantakan, tapi hasil yang Anda dapatkan jauh lebih efektif.

Baca Juga: 8 Cara mengusir semut dengan bahan alami

Cabai

Cabai berguna sebagai cara mengusir semut.

Mengutip dari Healthline, cabai bermanfaat untuk membasmi semut-semut di rumah Anda. Semut tidak menyukai aroma yang keluar dari cabai. Selain efektif, cabai juga cukup aman untuk Anda gunakan. Jadi, tak ada salahnya untuk menggunakan cabai.

Air Panas

Air panas pun dapat dimanfaatkan sebagai pengusir semut, lo. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah menyiramkan air panas di lubang semut yang ada di sekitar rumah Anda. Karena tak bisa membasmi semut sekaligus dalam satu waktu, Anda perlu mengulanginya beberapa kali.

Selanjutnya: Wajib coba, 4 cara mengusir lalat ini pakai bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru