7 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Gorengan, Waspada!

Minggu, 12 Juni 2022 | 07:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Gorengan, Waspada!


KESEHATAN - Terlalu banyak mengkonsumsi atau makan gorengan dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan. Untuk itu, sebaiknya Anda jangan mengkonsumsi gorengan berlebihan. 

Rasa gorengan yang lezat membuat orang ketagihan untuk mengkonsumsi makanan satu ini. Namun, gorengan mengandung minyak dan kadar lemak yang cukup tinggi. Sehingga makan gorengan terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan. 

Beberapa efek samping terlalu banyak makan gorengan adalah naiknya kadar kolesterol jahat hingga meningkatkan risiko obesitas.

Baca Juga: 5 Pilihan Obat Sakit Kepala yang Ampuh Atasi Nyeri, Mau Coba?

Melansir dari Healthline, berikut beberapa efek samping terlalu banyak makan gorengan yang perlu Anda ketahui.

Sakit Perut

Sakit perut adalah salah satu efek samping pertama terlalu banyak makan gorengan. Tak hanya itu, gorengan juga bisa menyebabkan perut kembung bahkan hingga diare.

Berbahaya Bagi Usus 

Gorengan mengandung banyak minyak dapat membahayakan bakteri sehat yang hidup di usus Anda. Bakteri sehat atau mikrobioma mempunyai peran yang dspst melindung gangguan pencernaan. Sehingga jika, bakteri sehat tersebut terganggu akan berbahaya bagi kesehatan usus.

Baca Juga: 5 Penyebab Migrain yang Perlu Anda Ketahui, Waspada!

Obesitas 

Bagi Anda yang memiliki berat badan lebih sebaiknya segera menghindari makan gorengan sedari dini. Pasalnya, gorengan mengandung banyak lemak yang berisiko meningkatkan risiko obesitas.

Tak hanya itu, gorengan juga harus dihindari bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya, makan gorengan berlebihan dapat meningkatkan berat badan.

Meningkatkan Risiko Penykit Jantung

Makanan berminyak, salah satunya gorengan memiliki beberapa efek samping negatif pada kesehatan jantung.

Dilansir Healthline, makanan yang digoreng telah terbukti meningkatkan tekanan darah, menurunkan kolesterol HDL (baik), dan menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas, yang semuanya berhubungan dengan penyakit jantung.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Makan gorengan terlalu banyak juga dapat meningkatkan risiko diabetes. Apalagi jika gorengan yang dikonsumsi mengandung pemanis buatan yang dapat menyebabkan asupan kalori dan gula terlalu tinggi.

Baca Juga: TikMate, Situs Alternatif Download Video TikTok Tanpa Watermark Gratis

Menimbulkan Jerawat

Dilansir Healthline Banyak orang mengaitkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak dapat menimbulkan jerawat. Namun, perlu ada penelitian lebih untuk dapat membuktikan efek samping ini.

Merusak Fungsi Otak

Efek samping terlalu banyak makan gorengan yang terakhir juga harus Anda waspadai. Pasalnya terlalu banyak makan gorengan bisa menyebabkan rusaknya fungsi otak.

Melihatnya banyaknya efek samping yang dapat membahayakan kesehatan. Cobalah untuk menghindari atau setidaknya mengurangi makan gorengan yang mengandung banyak minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru