CLOSE [X]

7 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol Loh

Senin, 07 Maret 2022 | 06:22 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol Loh

ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat buah apel.


KONTAN.CO.ID - Apel adalah salah satu buah yang menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat mengkonsumsi buah apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat loh. 

Buah apel juga mempunyai rasa yang lezat, sehingga kerap dijadikan berbagai jenis makanan maupun penyedap rasa. 

Banyaknya manfaat yang didapatkan dari buah apel berasal dari nutrisi yang dikandung buah yang mempunyai rasa manis tersebut. Buah apel mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan di antaranya vitamin C, vitamin A, antioksidan dan berbagai nutrisi lainnya. 

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Komedo Secara Alami, Murah dan Ampuh

Berikut beberapa manfaat buah apel yang dilansir dari Everyday Health, di antaranya: 

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi 

Manfaat mengkonsumsi apel yang pertama adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kandungan serat larut apel dipercaya mampu melancar aliran darah sekaligus dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga stroke. 

2. Melancarkan Pencernaan

Apel mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat lain banyaknya serat tersebut adalah dapat melancarkan sistem pencernaan.

Serat larut membantu memperlambat pencernaan, membuat Anda merasa kenyang, dan juga memperlambat pencernaan glukosa, yang membantu mengontrol gula darah Anda. 

3. Meningkatkan Imunitas

Mengkonsumsi apel juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Hal tersebut dikarenakan apel mengandung antiinflamasi yang membantu menjaga sistem imun tubuh.

Baca Juga: 11 Olahraga yang Cocok Untuk Diet, Efektif Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

4. Menurunkan Diabetes

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, apel juga mempunyai manfaat bisa membantun menurunkan diabetes. Apel juga merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi untuk Anda yang menderita diabetes tipe 2.

5. Mencegah Kanker 

Apel juga mempunyai manfaat dapat mengurangi risiko tumbuhnya sel-sel kanker tertentu. Pasalnya, apel mengandung antioksidan yang dipercaya mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. 

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada Oktober 2016 di Public Health Nutrition menemukan bahwa makan apel secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu, termasuk kanker kolorektal, rongga mulut, kerongkongan, dan payudara.

6. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan, apel cocok untuk dimasukkan ke daftar makanan. Pasalnya, apel kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

Selain itu, buah apel mempunyai kalori yang relatif rendah sehingga cocok untuk dijadikan makanan sehari-hari saat diet.

Baca Juga: 7 Penyebab Sakit Kepala yang Sering Terjadi dan Perlu Diwaspadai

7. Mencegah Penyakit Alzheimer

Melansir dari Everyday Health, apel mempunyai manfaat lain yaitu dapat mencegah penyakit alzheimer.

Penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2020 di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dewasa berusia 50 tahun ke atas yang hanya memasukkan sedikit makanan kaya flavonoid seperti apel, beri dan teh dalam makanan mereka memiliki kemungkinan 2 hingga 4 kali lebih besar untuk terkena penyakit ini.

Oleh karena itu penting mengkonsumsi apel untuk menghindari alzheimer dan berbagai penyakit lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru