8 Ramuan Alami yang Bisa Bikin Ambeien Langsung Kabur, Apa Saja?

Minggu, 15 Januari 2023 | 07:30 WIB Sumber: Grid,Kompas.com
8 Ramuan Alami yang Bisa Bikin Ambeien Langsung Kabur, Apa Saja?


KONTAN.CO.ID - Wasir atau ambeien jika tidak diobati akan membuat kita tidak nyaman saat melakukan aktivitas. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ambeien. Sebut saja kurang serat, duduk di toilet dalam waktu yang lama, mengejan saat buang air besar, sembelit kronis atau diare, sering mengangkat benda berat, melemahnya jaringan pendukung di anus dan dubur Anda yang terjadi karena penuaan, hingga kehamilan. 

Ketika itu mulai membengkak, menimbulkan ketidaknyamanan, dan terjadi peradangan sehingga memunculkan wasir, ramuan herbal dapat Anda pilih sebagai obat. 

Berikut adalah delapan ramuan herbal untuk mengobati ambeien yang dapat Anda coba seperti yang dikutip dari Kompas.com dan Grid.id:

1. Ramuan kulit kayu ek 

Ramuan kulit kayu ek mampu menghentikan atau memperlambat pendarahan. Sebab, kulit kayu ek memiliki sifat antiradang yang berfungsi sebagai astringen (mengencangkan jaringan tubuh) dan meredakan gatal. 

Menambahkan kulit kayu ek ke air mandi memiliki efek menenangkan yang menyenangkan pada ambeien. Tambahkan 3 sendok makan kulit kayu ek yang sudah dihancurkan ke dalam 2 cangkir air mendidih. 

Rebus selama 15 menit dengan api kecil. Lalu, saring dan masukkan ke dalam bak dengan 2,5 galon air dingin. 

Baca Juga: Cara Membuat Teh Pegagan agar Efektif Meredakan Batuk

2. Ramuan daun seribu 

Tanaman daun seribu kerap direkomendasikan untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Tumbuhan satu ini mengandung proazulen, seskuiterpen, minyak atsiri, dan juga zat tanin. 

Daun seribu memiliki efek anti-inflamasi dan menenangkan kram. Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan ramuan daun seribu dengan 0,5 liter air. 

Lalu, didihkan selama 15 menit. Tiriskan dan biarkan hingga dingin, campurkan dengan air yang digunakan untuk berendam. 

3. Ramuan chamomile 

Menurut Healthy Hildgard, bunga chamomile terbukti mampu meredakan peradangan, dengan cara mencampurnya ke dalam air mandi. 

Anda bisa mencampurkan 2 ons chamomile ke dalam 1 liter air panas dan biarkan selama 10 menit. Tambahkan air dingin, gunakan untuk mandi. 

Baca Juga: Kolesterol Jahat Minta Ampun, Ini Manfaat Rebung untuk Kesehatan

4. Ramuan witch hazel 

Ramuan witch hazel mampu menyembuhkan ambeien secara alami. Khasiatnya sebanding dengan kulit kayu ek. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru