Ada Dampak Negatif, Ini Jumlah Maksimal Makan Telur dalam Sehari

Selasa, 28 Februari 2023 | 17:03 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ada Dampak Negatif, Ini Jumlah Maksimal Makan Telur dalam Sehari


KESEHATAN - Berapa jumlah maksimal makan telur sehari menjadi hal yang membuat sebagian masyarakat bingung. Sebab, selama ini telur menjadi sumber protein yang mudah dan murah untuk didapatkan. 

Telur adalah sumber nutrisi yang kaya akan protein, vitamin D, vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, folat, dan iodine

Cara memasak telur terbaik adalah dengan merebusnya tanpa garam atau tambahan lemak. Menggoreng telur bisa menaikkan jumlah lemaknya hingga 50%. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini 5 Makanan Diet untuk Anak yang Obesitas

Namun, ada kekhawatiran mengenai dampak negatif makan telur setiap hari terutama makan kuning telur. Hal itu karena kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi. 

Jadi, sebenarnya berapa jumlah maksimal makan telur sehari? 

Baca Juga: Meredakan Sakit Kepala, Ini Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Berapa jumlah maksimal makan telur sehari? 

Dikutip dari National Health Service UK, sebenarnya tidak ada batasan mengenai berapa jumlah makan telur sehari.

Dikutip dari National Health Service UK, sebenarnya tidak ada batasan mengenai berapa jumlah makan telur sehari. Sebab, dikutip dari Times of India, batas maksimal makan telur sehari berbeda-beda bagi seseorang dengan orang lainnya. 

Bagi orang yang tidak memiliki kolesterol dan masalah kesehatan khusus maka diperbolehkan mengonsumsi telur setiap hari atau tujuh telur dalam seminggu. 

Bahkan, bagi seseorang yang tidak memiliki masalah kesehatan juga masih diperbolehkan mengonsumsi telur hingga tiga butir dalam sehari.

Baca Juga: 7 Street Food Jepang yang Jarang Didengar, Wajib Anda Coba Saat Berlibur ke Jepang

Benarkah telur bisa memicu kolesterol?

Untuk para penderita kolesterol tinggi yang ingin mengonsumsi telur, lebih baik perbanyak konsumsi bagian putih dibanding kuning telur.

Namun, The American Heart Association merekomendasikan batas maksimal makan telur sehari adalah satu hingga dua butir bagi orang dewasa yang memiliki kadar kolesterol normal dan makan menu gizi seimbang.

Dikutip dari Washington Post, meskipun telur mengandung beberapa kolesterol, jumlah lemak jenuh yang ada di daging merah, keju, margarin, dan produk olahan susu lainnya lebih berpengaruh pada jumlah kolesterol dalam darah daripada kolesterol yang didapatkan dari makan telur.

Sedangkan bagi seseorang yang memiliki penyakit jantung, kolesterol tinggi, atau diabetes tipe 2, kurangi asupan makanan hewani tinggi lemak jenuh saat sudah mengonsumsi telur.

Baca Juga: 5 Cara Usir Cicak dari Rumah, Gunakan Bahan-Bahan Sederhana

Untuk para penderita kolesterol tinggi yang ingin mengonsumsi telur, lebih baik perbanyak konsumsi bagian putih dibanding kuning telur. 

Kemudian, perbanyak makanan yang baik untuk kolesterol. Sebagai contoh, buah penurun kolesterol, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Jika Anda makan makanan dengan gizi seimbang, Anda hanya perlu mengurangi mengonsumsi telur sesuai saran dari dokter atau ahli gizi Anda.

Nah, itulah penjelasan mengenai bolehkah makan telur setiap hari dan jumlah maksimal makan telur sehari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru