Apa Arti Pick Me dalam Bahasa Gaul? Ini Ciri-ciri dan Penyebabnya

Rabu, 20 Desember 2023 | 15:22 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Arti Pick Me dalam Bahasa Gaul? Ini Ciri-ciri dan Penyebabnya


PSIKOLOGI - Pick me menjadi salah satu kata yang banyak dicari di Google sepanjang 2023. Namun, apa artinya pick me

Pick me adalah bahasa gaul atau slang yang sering muncul di sosial media. Secara harfiah arti pick me adalah pilih aku. 

Namun, dalam konteks bahasa slang pick me artinya seseorang yang memposisikan dirinya berbeda dengan kelompoknya untuk mendapatkan perhatian.

Biasanya, dia akan merendahkan kelompoknya agar terlihat berbeda dan menonjol. Istilah pick me juga berkaitan dengan istilah pick me girl

Lalu, apa itu pick me girl

Baca Juga: Apa Itu Pick Me? Inilah 4 Ciri-Ciri Cewek Pick Me yang Harus Diwaspadai

Apa itu pick me girl? 

Pick Me Girl

Pick me girl adalah seorang wanita yang mengaku berbeda dengan kebanyakan perempuan agar mendapatkan pengakuan atau perhatian laki-laki. 

Dirangkum dari laman Dictionary, pick me girl seringkali menjatuhkan perempuan lain agar terlihat lebih dibandingkan perempuan lain tersebut. 

Biasanya, seorang pick-me berbicara tentang betapa dia tidak seperti wanita lain, terutama dalam hal-hal yang dianggap feminin. 

Misalnya, dia mengaku bahwa tidak suka berdandan dan lebih suka tampil natural. Lalu, lebih suka olahraga maupun membaca dibandingkan berbelanja. 

Baca Juga: Kumpulan Caption Instagram yang Cocok Untuk Hari Valentine 2022

Ciri-ciri pick me girl 

Dirangkum dari laman  Universitas Airlangga, Psikolog UNAIR Dr Ike Herdiana M Psi pun menyebutkan beberapa tanda seseorang tergolong pick me girl:

  • Dia akan menyatakan kondisi diri pribadi yang berbeda dengan karakteristik atau stereotip gender secara umum. 
  • Kedua, ia akan cenderung merendahkan perempuan lain.
  • Terakhir, seorang pick me girl akan menampilkan sikap, minat, kebiasaan, atau gaya yang dianggap berbeda dan mampu menarik perhatian lawan jenis.

Dr Ike menjelaskan, seorang pick me girl tidak hanya berusaha menarik lawan jenis. Ia melakukan itu karena ingin menerima respect dan diperhatikan orang lain.

Kebutuhan untuk tampil ‘berbeda’ dan superior ini berkaitan dengan kehidupan sosial. Mereka umumnya menginginkan kehidupan sosial, namun lewat cara yang tidak sehat, yakni dengan sengaja merendahkan orang lain. 

Baca Juga: Daftar Google Year in Search 2023 di Indonesia, dari Coldplay hingga Gradis Kretek

Penyebab pick me girl

Selain itu, penyebab pick me girl muncul karena faktor internalized misogyny. Perilaku misogini merupakan kebencian atau rasa tidak suka pada perempuan. 

Sehingga, perilaku misogini pada seorang pick me girl  muncul lewat keinginan untuk menjauhkan diri dari stereotip wanita tradisional yang selama ini dianggap tidak menonjol dan cenderung negatif.

“Stereotip perempuan yang suka make up, lemah lembut, suka dilindungi, suka belanja, didobrak dengan menyatakan dirinya berbeda dengan kondisi itu semua” terangnya.

Demikian penjelasan mengenai apa arti pick me dan kaitannya dengan pick me girl

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru