Aplikasi Record Layar Laptop Gratis dan Fitur Lengkap, Cara Menggunakan OBS Studio

Senin, 21 November 2022 | 11:26 WIB   Penulis: Arif Budianto
Aplikasi Record Layar Laptop Gratis dan Fitur Lengkap, Cara Menggunakan OBS Studio

ILUSTRASI. Aplikasi Record Layar Laptop Gratis dan Fitur Lengkap, Cara Menggunakan OBS Studio


KONTAN.CO.ID - Inilah aplikasi record layar laptop gratis dan fitur lengkap, cobain OBS Studio yang dapat diunduh atau download lewat link berikut ini. Simak juga cara menggunakan aplikasi record layar laptop OBS Studio dengan penjelasan yang mudah dipahami.

Anda masih bingung mencari aplikasi record layar laptop? Tak perlu bingung lagi, ada berbagai macam aplikasi record layar laptop yang dapat Anda gunakan.

Aplikasi record layar laptop adalah sebuah aplikasi yang dapat Anda pakai di laptop atau komputer yang berfungsi untuk merekam aktivitas apa saja yang ada di layar. Hasil record layar laptop ini nantinya dapat ditonton kembali dalam format video.

Berikut ini salah satu referensi aplikasi record layar laptop yang dapat Anda gunakan dan tersedia secara gratis dan lengkap dengan fitur. Adalah OBS Studio, sebuah aplikasi record layar laptop yang juga dapat digunakan untuk melakukan live stream.

OBS Studio dapat Anda download secara gratis di laptop dengan OS atau sistem operasi berbasis Windows, Mac atau bahkan Linux. Fiturnya lengkap, aplikasi record layar laptop OBS Studio dapat Anda atur sedemikian rupa untuk merekam aktivitas apa saja yang ada di laptop Anda.

Bikin rekaman dengan tampilan yang menarik seperti yang ada di YouTube, Anda juga dapat menambahkan rekaman webcam untuk menampilkan wajah.

Sebelum menggunakan aplikasi record layar laptop, berikut cara download OBS Studio yang dapat Anda ikuti lewat langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Polling WhatsApp di Grup dengan Mudah dan Melihat Hasil Suara Polling WA

Cara download aplikasi record layar laptop OBS Studio:

  • Buka website resmi OBS Studio lewat link berikut ini: https://obsproject.com
  • Silahkan pilih versi OS yang Anda gunakan di laptop, tersedia versi Windows, macOS dan Linux
  • Tunggu proses download aplikasi record video OBS Studio selesai
  • Sekarang OBS Studio.exe lalu ikuti petunjuk install yang muncul di layar laptop, Anda dapat menekan tombol Next untuk melanjutkan proses selanjutnya sampai selesai.
  • Setelah proses install OBS Studio selesai, aplikasi record layar laptop ini siap untuk digunakan.

Setelah download aplikasi record layar laptop OBS Studio, bagaimana cara menggunakannya? 

Bagi pemula Anda yang mungkin asing dengan OBS Studio, simak cara menggunakan aplikasi record layar laptop berikut ini.

Baca Juga: Panduan Pakai WhatsApp Web Bagi Pemula, Dari Login, Scan QR Code & 2 Link Alternatif

Cara menggunakan aplikasi record layar laptop OBS Studio:

  • Buka aplikasi record layar laptop OBS Studio melalui icon di desktop atau bisa juga temukan di Start dengan cara ketik kata kunci "OBS Studio".
  • Tampilan utama OBS Studio akan muncul di layar laptop Anda.
  • Sekarang perhatikan bagian Sources, menu tersebut merupakan source atau sumber apa saja yang nantinya akan direkam.
  • Tekan tombol + (plus) untuk menambahkan source yang akan direkam lewat OBS Studio ini, misalnya akan merekam aktivitas presentasi di Power Point, maka pilih Windows Capture atau Penangkap Layar.

Tampilan menu WIndows Capture OBS Studio

  • Anda dapat mengubah rekaman layar laptop yang ingin ditampilkan, misalnya penuh satu layar atau jendela spesifik misalnya untuk aplikasi tertentu, misalnya Power Point sebagai contoh.
  • Anda juga bisa tekan tombol + (plus) lagi untuk menambahkan rekaman webcam dengan memilih icon yang tampilannya kamera. Pada bagian source, klik dua kali pada icon kamera, lalu pilih perangkat sebagai sumber yang akan menampilkan rekaman webcam.
  • Anda juga dapat menambahkan media lainnya dengan fitur yang lengkap pada aplikasi record layar laptop OBS Studio, silahkan explore dengan fitur-fitur yang ada di aplikasi tersbeut.
  • Apabila set up OBS Studio dirasa sudah cukup, Anda dapat mulai merekam layar laptop dengnan cara menekan tombol Start Recording.
  • Untuk menyelesaikan rekaman layar laptop, Anda dapat menekan tombol Stop Recording.

Hasil perekaman aplikasi record layar laptop menggunakan OBS Studio ini akan tersimpan di folder video. Silahkan cek kembali folder video di laptop Anda untuk menemukan hasil rekaman aplikasi record layar laptop menggunakan OBS Studio.

Demikian beberapa hal yang dapat Anda ketahui tentang aplikasi record layar laptop menggunakan OBS Studio yang gratis dan lengkap akan fitur ini. Akhir kata, selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru