Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Pengusir Tikus, Simak Cara dan Tipsnya

Senin, 10 Januari 2022 | 09:28 WIB Sumber: Kompas.com
Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Pengusir Tikus, Simak Cara dan Tipsnya

ILUSTRASI. Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Pengusir Tikus, Simak Cara dan Tipsnya


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mengusir tikus yang membandel di rumah maupun di sawah. Sejumlah bahan alami bisa menjadi obat pengusir tikus yang menganggu.

Tikus adalah hewan pengganggu baik di rumah maupun di sawah. Oleh karena itu, jangan lewatkan cara mengusir tikus berikut dengan menggunakan obat dari bahan alami.

Salah satu organisme pengganggu pada tanaman padi adalah adanya keberadaan tikus. Kerusakan yang ditimbulkan dari hama tikus pada tanaman padi biasanya cukup besar. Hal ini karena biasanya tikus menyerang tanaman padi sejak awal pertanaman hingga menjelang panen.

Cara mengusir tikus pada tanaman padi dapat dilakukan dengan membuat sendiri obat pengusir dari bahan alami. Pemilihan penggunaan obat pengusir tikus dari bahan alami memiliki sejumlah keuntungan, yakni relatif aman, ramah lingkungan, murah dan mudah didapatkan.

Bahan alami sebagai obat pengusir tikus

Lantas bagaimana cara untuk mengusir hama tikus pada tanaman padi menggunakan obat dari bahan alami? Ada sejumlah cara untuk mengusir hama tikus menggunakan obat pengusir dari bahan alami, yakni:

1. Cara mengusir tikus dengan menggunakan jengkol

Bahan alami pertama sebagai obat pengusir tikus adalah jengkol. Melansir dari laman Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Buleleng, tanaman jengkol bisa digunakan untuk mengusir hama tikus. Tanaman jengkol mengandung minyak atsiri, saponin, alkaloid, terpenoid, steroid, tannin, glikosoda, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor dan vitamin.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Bibir Kering Ini Pakai Bahan-Bahan Alami

Adapun cara obat pengusir tikus dari bahan alami jengkol adalah:

  • Jengkol dikupas kulit luar maupun kulit arinya
  • Rendam dengan air dengan perbandingan 1 kg: 10 liter air selama 24-36 jam sampai air rendaman mengeluarkan aroma sangat menyengat yang bisa mengusir hama tikus
  • Letakkan atau semprotkan larutan jengkol pada tanaman padi
  • Penggunaan semprotan jengkol ini tak hanya mengusir tikus, namun juga mengusir burung yang menyerang padi.

2. Cara mengusir tikus dengan cabai Ilustrasi

Bahan alami kedua sebagai obat pengusir tikus adalah cabai. Tanaman cabai mengandung minyak atsiri, piperin, dan piperidin yang berfungsi sebagai repellent dan mengganggu preferensi makan hama.

Cara membuat obat pengusir hama tikus pada tanaman padi dengan bahan alami cabai adalah

  • Cabai ditumbuk halus kemudian direndam selama semalam.
  • Saring rendaman yang telah dibuat
  • Semprotkan pada tanaman padi.

3. Cara mengusir tikus dengan pepaya

Bahan alami ketiga sebagai obat pengusir tikus adalah pepaya. Pepaya mengandung bahan aktif papain. Kandungan ini berpotensi menjadi pengendali tikus yang cukup ampuh.

Adapun cara membuat obat pengusir tikus dengan bahan alami pepaya adalah sebagai berikut:

  • Buah pepaya tua yang belum masak dikupas
  • Potong buah pepaya kecil-kecil sebesar dadu
  • Kemudian sebarkan pada tempat yang biasa dilewati tikus.

Dalam pembuatan pestisida dari papaya ini mulai dari pengupasan sampai penyebarannya harus menggunakan sarung tangan. Hal ini karena indera penciuman tikus sangat tajam terhadap bau dan sentuhan tangan manusia, sehingga kemungkinan tikus tidak akan memakan potongan buah papaya tua yang terkena sentuhan tangan manusia.

4. Cara mengusir tikus dengan menggunakan urin sapi

Bahan alami keempat sebagai obat pengusir tikus adalah urin sapi. Mengusir hama tikus pada padi bisa pula digunakan dengan pestisida dari urin sapi. Melansir dari laman Kominfo Jatim, bahan penyerta yang digunakan pada pembuatan pestisida urin sapi yakni molase, susu creamer, terasi tanpa pengawet, empon-empon (jahe, temu ireng, lengkuas, dan lain sebagainya), serta starter probiotik.

Adapun cara membuat obat pengusir tikus dengan bahan alami urin sapi yakni:

Haluskan empon-empon menggunakan blender

  • Empon-empon yang sudah halus dicampur dengan molase, susu creamer, terasi tanpa pengawet, starter probiotik dan urin sapi ke dalam wadah besar seperti drum plastik
  • Tutup wadah drum dan pasang aerotor besar dan biarkan selama 21 hari untuk proses fermentasi sebelum larutan bisa digunakan Setelah 21 hari saring hasil fermentasi
  • Untuk penggunaan, dosisnya per 25 cc bahan cair fermentasi ditambah 1 liter air bersih

Cara penggunaannya yakni semprotkan larutan ke seluruh bagian tanaman yang diduga sebagai tempat jalan atau sarang tikus. Penyemprotan dilakukan pagi dan sore dengan jarak minimal 14 hari sekali (4 sampai dengan 6 kali aplikasi).

Itulah beragam cara mengusir tikus dengan obat pengusir berbahan alami. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Bahan Alam untuk Membuat Pestisida Pengusir Hama Tikus pada Padi",


Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Sari Hardiyanto

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru