Banyak Opsi, Ini 5 Buah-Buahan yang Mengandung Vitamin C

Rabu, 22 Desember 2021 | 12:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Banyak Opsi, Ini 5 Buah-Buahan yang Mengandung Vitamin C

ILUSTRASI. Blewah adalah salah satu buah-buahan yang mengandung vitamin C.


KONTAN.CO.ID - Vitamin C adalah salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk selalu sehat. Artinya, Anda perlu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin itu. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Daripada mengonsumsi suplemen vitamin C, buah-buahan bisa menjadi opsi yang lebih tepat. Alasannya, buah-buahan juga mengandung nutrisi lain yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

Mengutip Good Housekeeping, wanita disarankan mengonsumsi 75 mg vitamin C per hari dan pria 90 mg. Salah satu jenis buah yang umumnya digunakan sebagai sumber vitamin C adalah jeruk.

Bukan tanpa alasan, jeruk mengandung 70 mg vitamin C atau bisa memenuhi 78% kebutuhan vitamin C harian. Namun, selain jeruk masih banyak buah vitamin C lain yang bisa Anda pilih.

Baca Juga: Selain Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan

Blewah

Blewah termasuk salah satu buah yang mengandung vitamin C. Good Housekeeping mengatakan, mengonsumsi setengah gelas blewah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga 32%.

Tak hanya mengandung vitamin C, jenis buah itu juga memiliki banyak nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lemon

Buah-buahan yang mengandung vitamin C adalah lemon.

Lemon tidak boleh ketinggalan dari daftar buah-buahan yang mengandung vitamin C. Dalam satu buah lemon, Anda bisa mendapat 34 mg vitamin C. Cara untuk mendapatkannya pun cukup mudah. Anda bisa mencampurnya dengan air atau menggunakannya dalam salad.

Tidak hanya mengandung banyak vitamin C, lemon juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi, lo. Apalagi, zat besi yang berasal dari sumber nabati, misalnya kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi lemon secara rutin, kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa terjaga.

Jeruk bali

Jeruk bali juga termasuk dalam daftar buah-buahan yang mengandung vitamin C. Anda bisa mendapat 39 mg vitamin C dengan mengonsumsi setengah jeruk bali berukuran sedang. Jika Anda mengonsumsi satu buah jeruk bali secara utuh, tentu saja jumlah vitamin C yang Anda dapat menjadi dua kali lipat.

Anda bisa mengonsumsi jeruk bali secara langsung, mencampurnya dengan makanan bergizi lain dalam bentuk salad, atau mengolahnya menjadi jus. Jika Anda ingin minum jus jeruk bali, pastikan untuk tidak memberikan pemanis tambahan terlalu banyak, ya.

Baca Juga: 5 Cemilan Ibu Hamil Ini Tak Hanya Sehat tapi Juga Lezat

Mangga

Buah mangga termasuk dalam daftar buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Mangga bisa Anda jadikan pilihan makanan yang mengandung vitamin C. Anda bisa mendapat 45 mg vitamin C dengan mengonsumsi ¾ gelas mangga. Tak hanya terasa segar dan memiliki vitamin C yang tinggi, mangga juga dipenuhi dengan mineral yang lain. Misalnya, folat dan tembaga.

Jambu biji

Ada banyak vitamin C yang terkandung dalam jambu biji. Dalam 100 g jambu biji, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 mg vitamin C. Anda bisa mengonsumsi jenis buah itu secara langsung, mengolahnya menjadi jus, atau jenis hidangan yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru