Berapa Lama Tidur Siang yang Baik? Ini Rekomendasi dan 5 Manfaat untuk Kesehatan

Selasa, 05 Maret 2024 | 09:09 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Berapa Lama Tidur Siang yang Baik? Ini Rekomendasi dan 5 Manfaat untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Tidur telentang


KESEHATAN - JAKARTA. Ketahui berapa lama tidur siang yang baik dan manfaatnya untuk kesehatan. Baik itu tidur malam yang panjang atau tidur siang yang singkat tidak bisa diabaikan dalam menjaga kesehatan dan kinerja sehari-hari.

Tidur siang dan tidur malam, dengan bertujuan untuk memberi tubuh istirahat, memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal durasi, siklus tidur yang dilalui, dan dampaknya terhadap tubuh.

Sementara tidur malam memberikan kita kesempatan untuk pemulihan total, tidur siang menawarkan pengisian ulang energi yang cepat dan efektif.

Untuk itu, kenali kedua jenis istirahat ini memainkan peran krusial dalam manfaatnya untuk kesehatan dan cara mendapatkan manfaat maksimal.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi Saat Puasa? Tips Minum Kopi agar Puasa Tak Terganggu

Perbedaan Tidur Siang dan Tidur Malam

Tidur siang

Sebuah tidur siang yang seharusnya singkat dan menggembirakan tiba-tiba berubah menjadi sesi tidur yang berkepanjangan. Baik Anda terbangun merasa lebih segar atau justru merasa lebih lelah daripada sebelumnya, jadwal tidur malam Anda yang biasa dan kualitas tidur yang baik kemungkinan sudah terganggu.

Inilah perbedaan mendasar antara tidur siang dan tidur malam. Tidur siang bertujuan untuk mengisi ulang energi Anda secara singkat, sementara tidur malam bertujuan untuk memberikan reset menyeluruh pada tubuh Anda.

Mengutip dari Mayo Clinic, Perbedaan yang paling jelas antara tidur siang dan tidur malam terletak pada durasi dan siklus tidur yang dilalui.

Selama tidur malam, otak Anda melewati empat tahap tidur yang berbeda, dengan setiap tahap berkembang melalui siklus tidur ringan, tidur dalam, dan REM yang berlangsung selama 90 hingga 110 menit.

Tujuan dari tidur siang yang efektif adalah untuk mengembalikan energi pikiran dan tubuh Anda dengan memastikan Anda tidak mencapai tahap REM atau tidur dalam, melainkan hanya berada dalam fase tidur ringan. Oleh karena itu, durasi tidur siang yang ideal adalah sekitar 10-20 menit.

Namun, tidur malam mencakup tahap tidur dalam dan REM, yang merupakan saat tubuh Anda menjalani pemulihan paling signifikan. Para ahli menyarankan dewasa untuk tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malam agar dapat mempertahankan kesehatan yang baik dan fungsi tubuh yang optimal.

Baca Juga: Berbagai Makanan Penyebab Asam Urat Melambung Tinggi & Makanan Penurun Asam Urat

Durasi Tidur Siang untuk Dewasa

Banyak orang mencoba menentukan lamanya tidur siang berdasarkan berapa banyak waktu yang tersedia. Namun, daripada mempertanyakan "berapa lama harus tidur siang" tanpa kejelasan, lebih baik mengikuti durasi yang direkomendasikan oleh para ahli. 

Selain itu, Anda dapat mengevaluasi seberapa efektif tidur siang tersebut dalam durasi tersebut. Melansir dari laman National Sleep Foundation menyatakan bahwa durasi tidur siang yang ideal untuk dewasa adalah antara 20 atau 90 menit.

Berikut adalah alasan di baliknya:

  • Tidur siang selama 10-20 menit, yang sering disebut sebagai power naps, memungkinkan Anda untuk terbangun merasa segar, berenergi, dan siap. Keuntungan dari tidur siang ini adalah tidak berpengaruh signifikan terhadap tidur malam Anda, memungkinkan Anda untuk tidur dengan mudah pada waktu tidur reguler Anda.
  • Tidur siang selama 90 menit memungkinkan Anda melewati semua tahapan tidur tanpa mengalami inersia tidur, karena Anda tidak terbangun dari tidur dalam. Tidur siang ini dapat meningkatkan kembali kebugaran Anda, kreativitas, fokus, dan energi fisik.

Setelah mengenal waktu yang baik untuk tidur siang Anda perlu juga mengenal manfaatnya berikut, dilansir dari Sleep Score.

Baca Juga: 6 Dampak Buruk Memiliki Sifat Terlalu Percaya Diri

Manfaat Tidur Siang

1. Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan

Penelitian dalam bidang tidur telah menunjukkan bahwa tidur siang yang berkualitas, walaupun singkat, dapat memberikan manfaat besar bagi otak dan tubuh Anda.

Sebuah sesi tidur siang yang baik dapat meningkatkan kewaspadaan, mengurangi stres, mempertajam kemampuan kognitif, meningkatkan mood, dan memberikan strategi untuk menghentikan kebiasaan tidur larut.

Selain menyediakan istirahat dari kesibukan sehari-hari, tidur siang juga menawarkan sejumlah manfaat dalam waktu yang singkat, yaitu kurang dari 90 menit.

Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan dengan cara yang mirip dengan efek yang didapat setelah mengonsumsi minuman berkafein atau kopi.

Namun, berbeda dengan kafein, energi yang diperoleh dari tidur siang memiliki manfaat yang lebih luas bagi tubuh, termasuk peningkatan kapasitas belajar, kualitas tidur secara keseluruhan, dan memori

2. Tidur siang dapat mengurangi stres

Kurang tidur adalah masalah umum yang dapat menimbulkan sejumlah dampak negatif, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, 1 dari 3 orang dewasa Amerika tidak mendapatkan tidur yang cukup dan teratur.

Salah satu dampak buruk kurang tidur yang paling dominan adalah stres. Meskipun tubuh manusia terprogram untuk menangani stres, kekhawatiran dan ketegangan yang terus-menerus dapat membuat berisiko mengalami banyak masalah kesehatan, termasuk kecemasan, depresi, penyakit jantung, dan gangguan memori.

Dengan berusaha memasukkan waktu tidur siang ke dalam jadwal sibuk, Anda dapat secara efektif mengurangi tingkat stres dan mulai menyeimbangkan masalah tidur.

Tidur yang berkualitas dapat membantu mengatur dan mengurangi produksi kortisol (hormon stres) dan mempercepat pemulihan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat Anda merasa lebih stabil secara emosional dan siap menjalani sisa hari.

3. Tidur siang dapat mempertajam keterampilan kognitif

Meskipun Anda mungkin tertidur dengan perasaan pusing dan lelah secara mental, kemungkinan besar akan bangun dengan perasaan lebih tajam dan lebih cerdik. Tidur siang dapat meningkatkan fleksibilitas kognitif, meningkatkan fokus, dan meningkatkan kemampuan otak untuk memproses dan menyimpan informasi.

Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan di NASA mensurvei efek kognitif tidur siang pada pilot militer dan astronot. Seseorang yang tidur siang meningkatkan kinerja keseluruhan sebesar 34% dan kewaspadaan sebesar 100%. Pesan moral dari cerita ini: semakin baik istirahat, semakin cerdas dapat beraktivitas.

4. Tidur siang dapat meningkatkan mood

Selain membuat Anda merasa segar dan siap menjalani sisa hari, tidur siang yang nyenyak juga dapat meningkatkan mood. Penelitian menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan toleransi terhadap frustrasi, mengurangi impulsif, dan meningkatkan produktivitas.

Rasa lelah biasanya disertai dengan rasa mudah tersinggung, jadi jika meluangkan waktu untuk memulihkan tenaga, Anda dapat mengubah suasana hati (dan hari) Anda secara efektif.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat tidur siang dan durasi lama waktunya untuk kesehatan.

Selanjutnya: Intip Kurs Dollar-Rupiah di BCA Hari Ini Selasa (5/3) dan Panduan Penukaran Valas

Menarik Dibaca: Ketiak Bau? Coba 5 Tips Diet untuk Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru