Bisa Anda coba, berikut 4 obat sakit kepala untuk ibu menyusui

Selasa, 04 Mei 2021 | 21:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa Anda coba, berikut 4 obat sakit kepala untuk ibu menyusui

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak ibu menyusui yang sering mengalami sakit kepala. Jika Anda mengalami hal itu, ada banyak obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang bisa Anda gunakan.

Penyebab ibu menyusui yang sering mengalami sakit kepala beraneka ragam. Salah satunya adalah perubahan hormon setelah melahirkan. 

Sebaiknya, jangan konsumsi obat sakit kepala yang dijual di apotek. Jenis obat itu bisa bercampur dengan ASI sehingga risiko terserap bayi tinggi.

Anda bisa mengonsumsi obat di apotek jika memang sudah berkonsultasi dengan dokter.

Alih-alih mengonsumsi jenis obat tertentu, cara menghilangkan sakit kepala bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan alami.

Tak hanya mudah ditemukan, mengonsumsi bahan-bahan alami ini bisa menjaga kesehatan tubuh Anda dan bayi.

Essential oil

Obat sakit kepala untuk ibu menyusui pertama yang bisa Anda coba adalah essntial oil. Mengutip dari Simply Every, essential oil juga bisa mengatasi migrain.

Anda hanya perlu mengaplikasikan essential oil di pelipis dan leher bagian belakang sebagai cara meredakan sakit kepala.

Baca Juga: Tips mencegah dan menyembuhkan sakit kepala saat puasa secara alami dan obat

Air kelapa

Air kelapa bisa Anda jadikan obat sakit kepala untuk ibu menyusui.

Air kelapa jadi obat sakit kepala untuk ibu menyusui selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan.

Ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam air kelapa yang berguna sebagai cara mengatasi sakit kepala. Mulai dari kalium, vitamin B kompleks, magnesium, dan lain sebagainya.

Simply Every mengatakan, air kelapa mampu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Tidak hanya itu, mengonsumsi air kelapa juga efektif meningkatkan dan memperlancar aliran darah. Dengan begitu, sakit kepala bisa berkurang.

Baca Juga: 5 Cara mencegah dan menyembuhkan sakit kepala saat puasa

Kompres dingin

Cara mengobati sakit kepala berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai kompres dingin.

Selain menggunakan kompres dingin di bagian kepala, Anda juga perlu menambah waktu istirahat supaya sakit kepala berkurang. Istirahat yang cukup juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Suplemen

Salah satu faktor yang bisa jadi penyebab sakit kepala adalah tubuh yang kekurang vitamin atau mineral tertentu. Jika Anda mengalami sakit kepala setelah melahirkan dalam jangka waktu yang lama, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan sehingga kondisi Anda bisa terukur. Jika dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang diresepkan dokter.

Namun, pastikan untuk tidak asal mengonsumsi suplemen tertentu tanpa pengawasan dokter, ya.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi obat herbal vertigo yang bisa Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru