Bisa Anda jadikan pilihan, ini 4 obat tradisional ambeien

Jumat, 07 Mei 2021 | 20:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa Anda jadikan pilihan, ini 4 obat tradisional ambeien

KONTAN.CO.ID - Selain menyebabkan rasa sakit, ambeien bisa membuat Anda tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena banyak obat tradisional ambeien yang bisa Anda pilih.

Melansir Online Home Remedies, ada beberapa faktor yang menyababkan ambeien. Mulai dari obesitas, diare, sembelit, duduk terlalu lama, hingga kehamilan.

Ambeien memang bisa hilang dengan sendirinya. Namun, ada beberapa kasus di mana ambeien sulit sembuh.

Jika hal itu Anda alami, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami berikut ini. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya ambeien bisa sembuh dengan lebih cepat.

Biji jintan

Tahukah Anda bahwa biji jintan bisa digunakan sebagai obat wasir? Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama-tama, campur 1 sdm bubuk biji jintan dengan sedikit air hingga berbentuk pasta.

Setelah teraduk rata, aplikasikan pada ambeien. Diamkan dulu selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air. Anda bisa mengulangi cara tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

Namun, jika ada reaksi alergi yang muncul, segera hentikan pemakaian.

Baca Juga: 5 Penyebab diare yang bisa Anda alami, termasuk infeksi

Bawang putih

Obat tradisional ambeien berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah bawang putih. Meski cukup efektif, tapi banyak orang menghindari bahan alami ini karena bisa mengeluarkan bau yang cukup menyengat.

Jika Anda tertarik mencobanya, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Tumbuk satu siung bawang putih hingga halus lalu tambahkan sedikit air hangat.

Aduk rata hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada ambeien. Diamkan obat herbal ambeien itu selama 30 menit lalu bilas dengan air.

Pisang

Pisang termasuk salah satu obat tradisional ambeien.

Online Home Remedies merekomendasikan pisang sebagai cara mengatasi ambeien. Cobalah untuk mengonsumsi pisang saat perut masih kosong untuk mengurangi sensasi terbakar yang muncul akibat ambeien.

Jika ambeien dibarengi dengan keluarnya darah, tambah asupan pisang hingga tiga buah per hari.

Baca Juga: 5 Manfaat daun binahong yang berguna untuk kesehatan

Jahe, lemon, madu, dan daun mint

Obat tradisional ambeien berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah jahe, lemon, madu, dan daun mint. Caranya, ambil ekstrak jahe dan daun mint terlebih dahulu.

Selanjutnya, campurkan ekstrak bahan-bahan alami itu dengan 2 sdt air lemon dan 1 sdt madu. Konsumsi campuran itu dua kali sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Selanjutnya: Inilah 4 pilihan obat diare dari bahan-bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru