Bisa Dicoba di Rumah, 4 Obat Kutil Ini dari Bahan Alami

Kamis, 06 Januari 2022 | 12:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa Dicoba di Rumah, 4 Obat Kutil Ini dari Bahan Alami

ILUSTRASI. Anda bisa memanfaatkan kulit pisang sebagai obat kutil.


KESEHATAN - Infeksi HPV atau human papillomavirus adalah penyebab kutil. Meski tidak membahayakan kesehatan tubuh, Anda tetap membutuhkan obat kutil.

Apalagi, jika kutil muncul di beberapa bagian tubuh yang mudah terlihat di orang lain sehingga berpotensi menurunkan kepercayaan diri Anda.

Cara menghilangkan kutil yang umum adalah memakai operasi laser, chemical peeling, dan jenis operasi yang lain. Ternyata, bahan-bahan alami juga bisa digunakan sebagai penghilang kutil, lo.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan saran atau pengawasan dokter, ya. Sebaiknya, tetap konsultasikan kondisi Anda ke dokter.

Melakukan percobaan terlebih dahulu juga bisa Anda coba. Hal itu penting untuk dilakukan supaya tidak ada reaksi alergi atau efek samping apa pun yang perlu Anda hadapi setelah memakai bahan-bahan alami berikut:

Kulit pisang

Tahukah Anda bahwa kulit pisang bisa dipakai sebagai obat kutil? Mengutip dari Healthline, kalium yang terkandung dalam bahan alami itu bisa melawan infeksi HPV.

Anda hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada kutil secara teratur.

Baca Juga: Sudah terbukti, ini 6 manfaat cuka apel untuk kesehatan

Kulit jeruk

Anda bisa memakai kulit jeruk sebagai obat kutil.

Selain kulit pisang, kulit jeruk pun dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutil. Caranya, gosokkan kulit jeruk pada kutil sebanyak satu kali dalam sehari.

Seiring berjalannya waktu, kutil akan menggelap hingga akhirnya benar-benar lepas dari kulit Anda.

Kentang

Bahan alami lain yang cocok dijadikan obat kutil adalah kentang. Nutrisi yang terdapat di kentang bisa membuat kutil kering dan dehidrasi sehingga lepas dari kulit.

Sama seperti cara sebelumnya, gosokkan kentang ke kutil. Anda bisa mengulangi cara tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Selain obat dan operasi, ini bahan alami untuk menghilangkan kutil

Cuka apel

Healthline merekomendasikan cuka apel sebagai cara menghilangkan kutil berikutnya yang bisa Anda coba. Asam salisilat dalam cuka apel mampu menjadi penghilang kutil yang efektif.

Selain itu, cuka apel juga mengandung antimikroba yang bisa mencegah infeksi kulit lain.

Karena mengandung zat asam yang cukup tinggi, Anda perlu mencampur cuka apel dengan air terlebih dahulu, dengan perbandingan 2:1.

Celupkan kapas ke campuran itu lalu aplikasikan pada kutil. Selanjutnya, tutup dengan perban selama tiga sampai empat jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru