Sudah terbukti, ini 6 manfaat cuka apel untuk kesehatan

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:35 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sudah terbukti, ini 6 manfaat cuka apel untuk kesehatan


KESEHATAN - Ada banyak manfaat cuka apel, termasuk untuk kesehatan tubuh hingga perawatan kecantikan. Karena ada banyak kegunaan cuka apel, masyarakat Yunani Kuno sudah memanfaatkannya untuk berbagai macam pengobatan.

Perlu diketahui, cuka apel adalah cairan yang dibuat dari perasan buah apel yang kemudian dicampur dengan ragi dan gula agar bisa terfermentasi. Dalam proses fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter). 

Cuka yang diperoleh dari proses fermentasi ini menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan lain-lain. Hal ini menjadikan cuka apel memiliki manfaat sebagai antioksidan serta antibakteri.

Berikut ini 6 manfaat cuka apel bagi kesehatan sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Kaya senyawa baik

Pertama, manfaat cuka apel diperoleh dari kandungan asem asetat. Zat ini memberi cuka apel bau dan rasa asam yang kuat.

Selain itu, cuka apel organik juga mengandung untaian protein, enzim, dan bakteri ramah yang membuat cairannya tampak keruh.

Meski begitu, cuka apel tidak mengandung banyak vitamin atau mineral, ia menawarkan sejumlah kecil potasium. Beberapa cuka apel yang berkualitas baik juga mengandung beberapa asam amino dan antioksidan.

Baca Juga: Yuk coba, berikut 5 cara mudah menurunkan gula darah secara alami

2. Membunuh bakteri jahat

Kegunaan cuka apel berikutnya yakni dapat membantu membunuh patogen, termasuk bakteri. Orang-orang zaman dulu secara tradisional menggunakan cuka apel untuk membersihkan dan mengobati jamur kuku, kutu, kutil, dan infeksi telinga.

Hippocrates, bapak kedokteran modern, menggunakan cuka apel untuk membersihkan luka lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Selain itu, manfaat cuka apel juga bisa digunakan sebagai pengawet makanan. Studi menunjukkan bahwa zat pada cuka apel menghambat bakteri seperti E. coli tumbuh. Jika Anda mencari cara alami untuk mengawetkan makanan, cuka sari apel bisa membantu.

Banyak pula manfaat cuka apel untuk wajah. Sebuah laporan menunjukkan bahwa cuka sari apel yang diencerkan dapat membantu mengatasi jerawat ketika dioleskan ke kulit.

3. Menurunkan gula darah

Sampai saat ini, diyakini salah satu manfaat cuka apel adalah membantu mengobati diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 ditandai dengan kadar gula darah tinggi yang disebabkan oleh resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.

Namun, orang tanpa diabetes juga dapat mengambil manfaat cuka apel untuk menstabilkan gula darah, karena beberapa peneliti percaya bahwa kadar gula darah yang tinggi adalah penyebab utama penuaan dan berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: Cara mengatasi rambut mengembang bisa pakai 7 bahan ini

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru