Bisa dicoba, ini 4 cara menghilangkan panu di wajah

Jumat, 23 Juli 2021 | 15:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa dicoba, ini 4 cara menghilangkan panu di wajah


KECANTIKAN - JAKARTA. Panu adalah salah satu jenis infeksi jamur yang bisa muncul di berbagai permukaan kulit, tak terkecuali kulit wajah. Meski tak mengganggu penampilan, kondisi itu bisa merusak penampilan. Ada beberapa cara menghilangkan panu di wajah yang sebaiknya Anda coba.

Gejala panu yang mudah terlihat adalah perubahan warna kulit menjadi noda putih. Melansir Stylecraze (stylecraze.com), ada beberapa gejala lain yang bisa Anda alami. Misalnya, muncul rasa gatal di kulit dan daerah kulit yang terinfeksi jamur menjadi kering dan bersisik.

Ada banyak obat panu yang dijual di apotek. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa jenis bahan alami. Meski demikian, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika bahan alami ini tidak memberikan hasil yang Anda inginkan.

Minyak Kayu Putih dan Minyak Kelapa

Minyak kayu putih dan minyak kelapa adalah salah satu kombinasi yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu di wajah. Alasannya karena bahan alami itu mengandung antiinflamasi dan antimikroba.

Caranya, campurkan 6-7 tetes minyak kayu putih dengan 1 sdt minyak kelapa. Anda bisa mengganti minyak kelapa dengan jenis carrier oil yang lain. Setelah teraduk rata, aplikasikan campuran itu pada panu. Diamkan dulu selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: 4 Bahan alami ini bisa jadi cara menghilangkan panu

Bawang Putih

Bahan alami lain yang direkomendasikan Stylecraze untuk mengobati panu adalah bawang putih. Sama seperti bahan alami yang telah disebutkan, bawang putih mengandung antiinflamasi dan antimikroba yang efektif mengatasi kemunculan panu.

Pertama, cincang dan peras bawang putih supaya Anda bisa mendapat ekstraknya. Aplikasikan ekstrak bahan alami itu pada panu selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Selain diaplikasikan langsung, Anda juga dapat mengonsumsi dua siung bawang putih saat perut masih kosong.

Baca Juga: Panu bikin malu, ini 5 rekomendasi cara menghilangkannya

Lidah Buaya

Salah satu cara menghilangkan panu di wajah adalah memakai lidah buaya.

Lidah buaya jadi bahan lain yang dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan panu di wajah. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada panu selama 30 menit kemudian bilas dengan air. Antiinflamasi dan antijamur dalam bahan alami itu efektif mengatasi masalah kulit yang sedang Anda alami.

Yogurt

Supaya panu di kulit bisa hilang, cobalah untuk memanfaatkan plain yoghurt. Cara yang perlu Anda lakukan sama dengan cara memakai lidah buaya. Probiotik dalam produk olahan susu itu akan berperan sebagai antijamur sehingga panu bisa sembuh.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru