4 Bahan alami ini bisa jadi cara menghilangkan panu

Senin, 12 April 2021 | 11:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan alami ini bisa jadi cara menghilangkan panu

ILUSTRASI. Salah satu manfaat lidah buaya adalah dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan panu.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sedang mencari cara menghilangkan panu? Jika iya, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain mudah digunakan, bahan alami juga memiliki harga yang murah. Jangan khawatir, kandungan dalam bahan alami bisa menghilangkan panu secara efektif.

Panu merupakan penyakit kulit yang berasal dari infeksi jamur. Anda perlu berhati-hati karena masalah kulit itu dapat menular. Apalagi bagi anak-anak atau Anda yang sedang memiliki sistem imun yang rendah.

Tak hanya ditandai dengan bercak putih, ada ciri-ciri panu lain yang bisa Anda alami. Mulai dari kulit kemerahan hingga kulit menjadi kering dan bersisik. Supaya kondisi itu tak semakin parah, cobalah untuk menggunakan bahan-bahan ini.

Lidah Buaya

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa lidah buaya bisa dijadikan obat panu. Bahan alami itu mengandung banyak antiseptik yang mampu menghambat penyebaran jamu, bakteri, atau jenis kuman yang lain.

Baca Juga: Dari bahan-bahan di sekitar Anda, ini 4 cara menghilangkan jerawat batu

Kunyit

Cara menghilangkan panu selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai kunyit. Jenis rempah itu memiliki antiinflamasi yang berguna untuk mencegah aktivitas mikroba penyebab masalah kulit. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur bubuk kunyit dan minyak kelapa hingga berbentuk pasta. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada panu di kulit. Tunggu hingga kering lalu bersihkan dengan air. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan minum air rebusan kunyit atau mencampur kunyit dengan makanan yang lain.

Bawang Putih

Mengutip dari Medical News Today, bawang putih dapat Anda gunakan untuk melawan infeksi kulit. Caranya, tumbuk beberapa siung bawang putih hingga halus lalu tambahkan minyak zaitun. Setelah teraduk rata, oleskan di atas panu. Tunggu selama dua jam lalu bilas dengan air.

Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai obat panu alami sebanyak dua kali dalam satu hari. Namun, jika muncul reaksi alergi di kulit Anda, segera hentikan pemakaian dan jangan ulangi memakai bawang putih lagi.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami

Minyak Kelapa

Salah satu cara menghilangkan panu adalah dengan minyak kelapa.

Cara menghilngkan panu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa mampu merusak membran sel sehingga jamur pun bisa mati.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada panu. Lakukan cara tersebut tiga kali dalam sehari. Selain membasmi panu, minyak kelapa juga mampu melembabkan kulit sehingga bisa jadi langkah pencegahan panu di kemudian hari.

Selanjutnya: Rekomendasi 5 cara menghilangkan panu dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru