5 Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami

Jumat, 30 April 2021 | 11:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Lidah buaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebenarnya, bekas luka bisa hilang seiring berjalannya waktu. Namun, cara menghilangkan bekas luka tetap perlu Anda coba supaya prosesnya lebih cepat. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami.

Stylecraze (stylecraze.com) mengatakan bahwa lemon bisa digunakan untuk menyamarkan bekas luka karena mengandung banyak antioksidan. Anda hanya perlu mengaplikasikan air lemon pada bekas luka menggunakan kapas selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Lakukan cara tersebut dua hingga tiga kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang maksimal. Selain lemon, tentu saja masih banyak bahan alami lain yang efektif menyamarkan bekas luka. Mulai dari madu, lidah buaya, dan lain sebagainya.

Lidah Buaya

Antiinflamasi yang terkandung dalam lidah buaya mampu meningkatkan regenerasi kulit sehingga bekas luka bisa hilang dengan lebih cepat. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: Catat, ini 5 manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit Anda

Madu dan Baking Soda

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya bisa Anda coba dengan mengkombinasikan madu dan baking soda. Sama seperti lidah buaya, madu dapat meningkatkan regenerasi sel kulit. Di sisi lain, baking soda berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati.

Pertama, campur 1 sdt madu dan 1 sdt baking soda. Setelah teraduk rata, pijatkan pada bekas luka selama tiga menit. Setelah itu, tutup bekas luka dengan handuk hangat. Diamkan hingga handuk dingin lalu bersihkan sisa madu dan baking soda dari kulit.

Minyak Kelapa

Melansir Stylecraze, minyak kelapa mengandung banyak vitamin, antioksidan, serta senyawa lain yang dapat menyamarkan bekas luka dengan cepat. Tidak berhenti sampai di situ, antimikroba dalam minyak kelapa dapat mencegah pembentukan bekas luka yang lain.

Baca Juga: 4 Bahan alami ini bisa jadi cara menghilangkan panu

Bawang Merah

Bawang merah bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka yang sebaiknya tidak Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan bawang merah. Bahan alami itu memiliki banyak antiinflamasi dan mampu mencegah produksi kolagen sehingga bekas luka menjadi lebih mudah hilang.

Anda perlu memarut dan memeras bawang merah terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan ekstrak bawang merah pada bekas luka. Diamkan dulu selama 15 menit atau sampai kering lalu bilas dengan air. Anda bisa melakukan cara tersebut tiga hingga empat kali dalam sehari.

Selanjutnya: Coba 4 cara alami menghilangkan bekas jerawat ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru