Bisa jadi obat sariawan anak, gunakan 4 bahan alami ini

Senin, 19 April 2021 | 20:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa jadi obat sariawan anak, gunakan 4 bahan alami ini


KESEHATAN - Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami seriawan. Cobalah untuk memanfaatkan bahan alami sebagai obat sariawan anak.

Sebab, rasa sakit yang muncul dari sariawan bisa menyebabkan anak-anak susah makan, sehingga mengganggu kesehatan secara keseluruhan. 

Laman Parenting Healthy Babies menyebutkan, ada banyak faktor yang menyebabkan anak-anak mengalami seriawan. Mulai dari alergi, kondisi genetik, dehidrasi, tubuh kekurangan nutrisi tertentu, hingga stres.

Selain menimbulkan rasa sakit dan menurunkan nafsu makan, ada gejala lain yang muncul saat anak mengalami seriawan. Misalnya, muncul sensasi terbakar saat makan dan kulit di sekitar seriawan mengalami pembengkakan.

Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk menggunakan bahan berikut:

Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat sariawan anak. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi sehingga mampu meredakan peradangan akibat seriawan.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Pertama, Anda bisa mengaplikasikan gel lidah buaya secara langsung pada seriawan.

Kedua, Anda bisa memakai lidah buaya sebagai obat kumur. Campur gel lidah buaya pada segela air, aduk, lalu gunakan untuk berkumur.

Baca Juga: 4 Obat sariawan dari bahan alami, bisa Anda coba

Madu

Mengutip dari Parenting Healthy Babies, madu adalah bahan alami yang cukup efektif mengatasi seriawan. Madu mengandung antibakteri dan mencegah area di sekitar seriawan menjadi kering.

Tidak berhenti sampai di situ, madu juga mampu meningkatkan produksi sel sehingga proses penyembuhan seriawan bisa lebih cepat. Anda bisa mengoleskan madu secara langsung atau mencampurnya dengan bubuk kunyit terlebih dahulu.

Minyak kelapa

Salah satu manfaat minyak kelapa adalah dipakai untuk obat sariawan anak.

Bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan obat sariawan anak adalah minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan.

Anda hanya perlu berkumur dengan minyak kelapa beberapa kali dalam sehari sampai seriawan sembuh.

Baca Juga: Catat, ini 4 obat sakit gigi alami yang bisa dipakai

Daun kemangi suci

Daun kemang suci atau daun tulsi bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan seriawan, lo. Bahan alami itu mengandung antibakteri, antiseptik, dan antiinflamasi yang bisa mempercepat proses penyembuhan seriawan.

Langkah yang harus Anda lakukan tidak sulit. Kunyah daun kemangi suci dengan air sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Tak hanya menyembuhkan, cara tersebut juga dapat mengurangi frekuensi kemunculan seriawan.

Selanjutnya: Tanpa obat, berikut 4 cara mengatasi sakit gigi berlubang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru