Bisa Mengelola Tekanan Darah Tinggi, Ini Ragam Manfaat Vitamin C

Selasa, 28 Maret 2023 | 10:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Bisa Mengelola Tekanan Darah Tinggi, Ini Ragam Manfaat Vitamin C


KESEHATAN - Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Untuk itu, ada sejumlah manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh.

Fungsi vitamin C yang paling populer salah satunya adalah meningkatkan imunitas tubuh dari berbagai macam penyakit. 

Namun, vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, agar kebutuhan vitamin C tubuh terpenuhi, Anda harus mengonsumsi makanan sumber vitamin C. 

Baca Juga: 5 Manfaat Vitamin C untuk Wajah yang Menakjubkan

Seperti buah jeruk, tomat, stroberi, jambu biji, maupun bayam. Selain itu, vitamin C juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. 

Tetapi, sumber vitamin C terbaik tentu berasal dari buah dan sayuran. Para ahli kesehatan merekomendasikan asupan vitamin C per hari setidaknya 75 mg untuk wanita 90 mg untuk pria. 

Lantas, apa saja manfaat vitamin C untuk kesehatan? 

Baca Juga: Catat Yuk 5 Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis

Manfaat vitamin C

Fungsi vitamin C adalah sebagai antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami tubuh.

Dirangkum dari laman Healthline, berikut adalah manfaat vitamin C untuk kesehatan: 

1. Dapat mengurangi risiko penyakit kronis

Fungsi vitamin C adalah sebagai antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami tubuh. Antioksidan adalah molekul yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Baca Juga: 10 Manfaat Kol untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya yang Luar Biasa

Antioksidan melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk, dapat meningkatkan keadaan yang dikenal sebagai stres oksidatif, yang telah dikaitkan dengan banyak penyakit kronis.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30%. Ini membantu pertahanan alami tubuh melawan peradangan.

Sehingga, manfaat vitamin C yakni dapat membantu melindungi tubuh dari sejumlah risiko terkena penyakit kronis. 

Baca Juga: Tengok Yuk 5 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan yang Menjadi Sorotan

2. Mengelola tekanan darah tinggi

Manfaat vitamin C juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung, penyebab utama kematian secara global.

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki dan tidak memiliki tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Sekligus Menurunkan Asam Urat Tinggi secara Alami

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C membantu mengendurkan pembuluh darah. 

Selain itu, sebuah studi pada manusia juga menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C mengurangi tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik pada orang dewasa yang sehat.

Baca Juga: Area Kekuningan di Sekitar Mata Bisa Jadi Tanda-Tanda Gejala Kolesterol Tinggi

Manfaat vitamin C juga menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

3. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat vitamin C juga menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. 

Banyak faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan tingginya kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL. 

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

Manfaat vitamin C dapat membantu mengurangi faktor risiko ini, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya 500 mg vitamin C setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

Namun, jika sudah mengonsumsi makanan kaya vitamin C, suplemen mungkin tidak memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Alami Ini agar Kulit Wajah Kenyal dan Glowing

4. Membantu mencegah serangan asam urat

Manfaat vitamin C juga dapat membantu mencegah serangan asam urat. Gejala asam urat yakni rasa sakit pada persendian terutama pada jempol kaki.

Gejala asam urat muncul ketika terlalu banyak asam urat dalam darah. Asam urat adalah produk limbah yang diproduksi oleh tubuh. 

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Alami Ini agar Kulit Wajah Kenyal dan Glowing

Jika asam urat dalam tubuh tinggi, maka dapat mengkristal dan mengendap di persendian. Beberapa studi menemukan bahwa fungsi vitamin C dapat membantu mengurangi asam urat dalam darah. 

Sehingga, dapat mengurangi frekuensi munculnya gejala asam urat. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C memiliki risiko asam urat 44% lebih rendah.

Baca Juga: Tanda-Tanda Awal Kolesterol Tinggi di Mata, Jangan Abaikan

5. Membantu mencegah kekurangan zat besi

Manfaat vitamin C juga bisa membantu mencegah tubuh kekurangan zat besi. Zat besi adalah nutrisi penting yang memiliki berbagai fungsi dalam tubuh.

Manfaat vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Fungsi vitamin C juga bisa membantu mengubah zat besi yang sulit diserap, seperti sumber zat besi nabati, menjadi bentuk yang lebih mudah diserap.

Vitamin C sangat berguna bagi orang-orang yang menjalani diet tanpa daging, karena daging merupakan sumber utama zat besi.

Baca Juga: Tanda-Tanda Awal Kolesterol Tinggi di Mata, Jangan Abaikan

Fungsi vitamin C yang paling populer salah satunya adalah meningkatkan imunitas tubuh dari berbagai macam penyakit.

6. Meningkatkan kekebalan imun

Manfaat vitamin C yang utama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, vitamin C terlibat dalam banyak bagian dalam sistem kekebalan tubuh.

Pertama, fungsi vitamin C membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Baca Juga: Selain Enak, Inilah 5 Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan Tubuh

Kedua, manfaat vitamin C membantu sel darah putih berfungsi lebih efektif sekaligus melindunginya dari kerusakan oleh molekul yang berpotensi berbahaya, seperti radikal bebas.

Ketiga, vitamin C adalah dapat bertindak sebagai antioksidan dan membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat mempersingkat waktu penyembuhan luka.

Baca Juga: Selain Nyeri saat Buang Air Kecil, Ini Gejala Batu Ginjal yang Sering Muncul

7. Melindungi otak dari gejala demensia

Terakhir, manfaat vitamin C juga bisa melindungi otak dari gejala demensia. Demensia adalah penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. 

Studi menunjukkan bahwa stres oksidatif dan peradangan di dekat otak, tulang belakang, dan saraf dapat meningkatkan risiko demensia. Vitamin C adalah antioksidan kuat.

Rendahnya kadar vitamin ini telah dikaitkan dengan gangguan kemampuan berpikir dan mengingat.Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita demensia mungkin memiliki kadar vitamin C dalam darah yang lebih rendah.

Baca Juga: Benarkah Produksi ASI Berkurang Saat Berpuasa? Cek Faktanya.

Selain itu, asupan vitamin C yang tinggi dari makanan atau suplemen telah terbukti memiliki efek perlindungan pada kemampuan berpikir dan mengingat yang menurun seiring bertambahnya usia.

Jadi, fungsi vitamin C dapat membantu melawan kondisi seperti demensia. 

Itulah sederet manfaat vitamin C yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Pastikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari memiliki kandungan vitamin C, terutama dari buah dan sayuran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru