Bisa pakai bumbu dapur, simak cara mengusir tikus dari rumah ini

Minggu, 06 Juni 2021 | 13:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa pakai bumbu dapur, simak cara mengusir tikus dari rumah ini

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - Beberapa hewan, seperti tikus, membawa penyakit yang bisa mengancam kesehatan keluarga. Cara mengusir tikus dari rumah bisa menggunakan bumbu dapur, lo.

Maklum, tikus bisa menularkan penyakit melalui kotoran dan air seninya. 

Swastiko Priyambodo, ahli tikus dari Institut Pertanian Bogor (IPB), menjelaskan, tikus atau Rodentia merupakan ordo terbesar (40 persen) dari kelas mamalia dengan spesies terbanyak. 

Meskipun memiliki jumlah yang banyak, tikus yang merupakan hama hanya berjumlah sembilan spesies dan tiga di antaranya bersifat kosmopolit. 

Ketiga tikus tersebut adalah Rattus norvegicus (tikus riul), Rattus rattus diardii (tikus rumah), dan Mus musculus (mencit rumah). 

“Tiga tikus inilah yang sering kita jumpai di rumah dan sering mengganggu aktivitas kita di rumah,” jelas Swastiko seperti dilansir dari laman IPB. 

Baca Juga: Mengenal 9 tipe kecerdasan manusia, Anda masuk tipe yang mana?

Langkah awal pengendalian tikus yang perlu dilakukan yaitu melakukan inspeksi tanda kehadiran tikus di rumah. Inspeksi tersebut di antaranya adalah:

  1. Feses atau kotoran.
  2. Kerusakan yang ditimbulkan.
  3. Sarang, suara tikus, jejak kaki, dan ekor tikus.
  4. Tanda atau noda olesan, jalan atau runway tikus.
  5. Urin dan ekskresi bau tikus baik yang hidup maupun yang sudah mati.

Cara membasmi dan mengusir tikus

Swastiko menyampaikan, ada lima metode pengendalian yang diterapkan untuk mengusir tikus. 

“Sebenarnya ada banyak cara pengendalian yang bisa kita lakukan, tetapi secara umum dapat dikelompokkan menjadi lima metode pengendalian, yaitu kultur teknis, sanitasi, fisik-mekanis, biologi dan kimiawi,” katanya. 

Kultur teknis dan biologi seperti yang Swastiko paparkan, lebih cocok diterapkan di lingkungan pertanian dan perkebunan untuk mengusir tikus. Sedang di pemukiman seperti di rumah lebih pas menggunakan teknik sanitasi, fisik-mekanis, dan kimiawi.

Baca Juga: Banyak kecoa di rumah? Usir dengan 7 tips mudah dan alami ini

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru