BSU Tahap 4 Mulai Cair Hari Ini, Berikut 2 Cara Cek Penerima BSU Tahap 4

Senin, 03 Oktober 2022 | 15:37 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
BSU Tahap 4 Mulai Cair Hari Ini, Berikut 2 Cara Cek Penerima BSU Tahap 4

ILUSTRASI. Ilustrasi Bantuan Subsidi Upah atau BSU tahap 4.


SUBSIDI GAJI - Bantuan Subisidi Upah atau BSU tahap 4 rencananya mulai cair hari ini, Senin (3/10/2022). Cara cek penerima BSU tahap 4 pun bisa dilakukan melalui laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan kemnaker.go.id

“Insya Allah awal-awal minggu depan, mungkin mudah-mudahan Senin (pencairan BSU tahap 4 sudah dilakukan). Kayak kemarin (BSU tahap 3) kan Senin,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi dikutip Kompas.com (30/9/2022). 

Bagi para pekerja atau buruh yang telah ditetapkan sebagai calon penerima BSU 2022, dapat melakukan pengecekan status pencairan tahap 4 secara online.

Lantas, bagaimana cara cek penerima BSU tahap 4?

Baca Juga: Klik Bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id & Kemnaker.go.id Buat Cek BSU Tahap 4, Ini Caranya

Cara cek penerima BSU tahap 4

Ada dua cara cek penerima BSU tahap 4 yakni bisa melalui laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan kemnaker.go.id. Berikut adalah cara cek penerima BSU tahap 2 melalui kedua laman tersebut:

1. Cara cek penerima BSU tahap 4 melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Para pekerja atau buruh bisa melakukan pengecekan BSU tahap 4 melalui laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id. Berikut adalah cara cek penerima BSU tahap 4 melalui laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id:

  • Kunjungi laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Cari menu "Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?"
  • Tuliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap sesuai KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor ponsel terkini, dan email terkini 
  • Pastikan nomor ponsel dan email yang dituliskan telah benar agar bisa mendapatkan informasi penyaluran BSU 
  • Klik "Lanjutkan".
  • Jika data yang dimasukkan tersebut termasuk ke calon penerima BSU 2022, maka akan muncul pesan seperti ini:

"Anda lolos verifikasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk validasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Silahkan lakukan pengecekan berkala pada bsu.kemnaker.go.id."

Namun, apabila data yang dimasukkan belum termasuk calon penerima BSU, notifikasi yang muncul akan seperti ini:

"Mohon maaf, Anda belum termasuk dalam kriteria calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai Permenaker Nomor 10 Tahun 2022."

Baca Juga: Menaker Optimistis Penyaluran Subsidi Upah Bisa Memenuhi Target

2. Cara cek penerima BSU tahap 4 melalui laman kemnaker.go.id

Selain itu, pekerja atau buruh juga bisa melakukan pengecekan BSU tahap 4 melalui laman kemnaker.go.id. Berikut adalah cara cek penerima BSU tahap 4 melalui laman kemnaker.go.id

  • Kunjungi laman bsu.kemnaker.go.id
  • Apabila belum memiliki akun maka harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
  • Jika sudah memiliki akun, log in menggunakan akun yang dimiliki 
  • Lengkapi profil biodata diri
  • Cek notifikasi. Nah, tanda BSU 2022 sudah cair atau telah tersalurkan ke rekening, akan menerima notifikasi sebagai berikut:

"Hai Saipul, ada kabar baik nih... Bantuan Subsidi Gaji/Upah 2022 sebesar Rp 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) telah cair ke rekening Anda di Bank Mandiri. Selamat ya. Jangan lupa ikuti terus media sosial kami untuk mengetahui perkembangan informasi BSU 2022 serta update informasi ketenagakerjaan lainnya." 

Demikian dua cara cek penerima BSU tahap 4 melalui laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan kemnaker.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru