Cara Alami Agar Asam Urat & Kolesterol Rontok, Tak Perlu ke Apotek

Kamis, 13 Juli 2023 | 10:32 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Alami Agar Asam Urat & Kolesterol Rontok, Tak Perlu ke Apotek


KESEHATAN -  Kolesterol dan asam urat merupakan dua penyakit yang sering orang keluhkan, baik yang berusia tua maupun muda. Begini cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

Mengutip Healthline, asam urat terjadi lantaran ada penumpukan asam urat di bagian persendian sehingga menyebabkan peradangan yang disertai dengan rasa nyeri. 

Sebaliknya, kolesterol yang tinggi terjadi karena penumpukan zat berbasis lemak yang tidak larut dalam darah. Penumpukan kolesterol yang dibiarkan bisa berakibat pada penurunan kesehatan jantung hingga stroke. 

Beberapa dari gejala asam urat dan kolesterol yang tinggi dapat ditandai dengan rasa nyeri dalam tubuh. Kendati demikian, beberapa bahan alami bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat untuk tubuh. 

Baca Juga: 8 Cara Alami untuk Membersihkan Paru-Paru yang Kotor

Cara alami untuk menurunkan asam urat 

Tak hanya kolesterol, penyakit asam urat yang kerap menyerang area persendian juga dapat diatasi dengan mengonsumsi bahan alami. Berikut beberapa bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan asam urat: 

1. Jahe 

Jahe merupakan rempah yang kerap diresepkan untuk peradangan, termasuk peradangan persendian. Dikutip dari Health Line, studi mencatat bahwa jahe dapat mengurangi rasa sakit akibat dengan asam urat. 

Sebuah studi yang dilakukan pada subjek hewan tikus juga menunjukkan penurunan kadar asam urat yang tinggi ketika subjek tersebut diberi ramuan jahe. 

2. Minum air putih 

Menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih secara cukup dapat membantu menjaga kondisi ginjal sehingga mengurangi penumpukan kristal asam urat. 

Pastikan tubuh terhidrasi oleh air putih sehingga dapat membantu mencegah terjadinya asam urat. Kendati demikian, belum ada penelitian yang menunjukkan, mengonsumsi ai putih dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Baca Juga: Inilah Gejala Diabetes pada Wanita yang Perlu Anda Ketahui

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru