Cara alami mengatasi sakit tenggorokan karena radang dan susah menelan makanan

Sabtu, 04 September 2021 | 05:05 WIB Sumber: Kompas.com
Cara alami mengatasi sakit tenggorokan karena radang dan susah menelan makanan


TIPS & TRIK - Jakarta. Simak cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami ini. Cara mengatasi sakit tenggorokan ini bisa mengurangi rasa sakit akibat radang atau susah menelan.

Obat sakit tenggorokan sangat dibutuhkan ketika tenggorokan mulai terasa gatal dan tak nyaman. Pasalnya, sakit pada tenggorokan pasti membuat merasa tak nyaman. Sakit tenggorokan bisa menyebabkan kita susah menelan makanan

Terlebih efek samping dari sakit tenggorokan ini bisa membuat pita suara menegang hingga jadi indikasi penyakit serius seperti radang tenggorokan. Tak hanya itu, sakit tenggorokan juga bisa jadi gejala awal timbulnya flu dan pilek.

Sebelum mengatasi radang tenggorokan dengan obat atau pergi ke dokter, tak ada salahnya kamu mencoba pengobatan dengan bahan alami terlebih dahulu. Bahan-bahan alami yang cukup mudah ditemui di dapur rumahmu ini bisa jadi solusi untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Mengutip dari Boldsky, berikut lima cara mengatasi sakit tenggorokan.

  • Larutan cuka

Cara pertama mengatasi sakit tenggorokan secara alami adalah menggunakan larutan cuka. Cuka, bahan yang mudah ditemukan di dapur ini ternyata berkhasiat sebagai antibakteri dan antiinflamasi khusus yang bisa mengobati sakit tenggorokan.

Cara mengatasi sakit tenggorokan menggunakan larutan cuka sangat mudah. Tambahkan dua sendok teh cuka ke dalam segelas air hangat. Kumur larutan ini di dalam mulut selama 5 menit.

Baca juga: Jangan khawatir, coba 4 obat radang tenggorokan anak ini

  • Jahe

Cara kedua mengatasi sakit tenggorokan secara alami adalah menggunakan jahe. Jahe mampu menyingkirkan bakteri dan meringankan sakit di tenggorokan. Jahe sebagai obat sakit tenggorokan sudah dikenal masyarakat Jawa sejak dahulu kala.

Cara mengatasi sakit tenggorokan dengan jahe sangat mudah. Masukkan jahe yang sudah dibakar / panggang ke dalam secangkir teh hangat. Kamu juga bisa menambahkannya dengan perasan lemon dan satu sendok teh madu. Ramuan ini akan membuat infeksi tenggorokan mereda.

  • Jus tomat

Cara ketiga mengatasi sakit tenggorokan secara alami adalah menggunakan jus tomat. Tomat kaya akan vitamin C dan lycopene. Kedua kandungannya tersebut bisa membantu membunuh bakteri yang memengaruhi tenggorokan.

Cara mengatasi sakit tenggorokan menggunakan jus tomat sangat mudah. Tambahkan setengah cangkir jus tomat lalu campur dengan setengah cangkir air hangat. Tambahkan sedikit gula ke dalam racikan ini. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 5 menit sebagai obat sakit tenggorokan. 

  • Air garam

Cara keempat mengatasi sakit tenggorokan secara alami adalah menggunakan air garam. Air garam dapat membunuh bakteri dan meringankan sakit tenggorokan dengan cara mengurangi peradangan.

Cara mengatasi obat sakit tenggorokan menggunakan air garam sangat mudah. Campur air garam dengan satu sendok teh madu, beberapa irisan jahe kecil, dan satu sendok makan perasan lemon dalam segelas air hangat. Bersihkan mulut area dalam dengan cairan ini selama 5-10 menit.

  • Kunyit

Cara kelima mengatasi sakit tenggorokan secara alami adalah menggunakan kunyit. Kunyit adalah anti mikroba kuat yang membunuh bakteri di tenggorokan.

Cara mengatasi sakit tenggorokan dengan kunyit sangat mudah. Campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas air hangat. Kamu bisa merebus setengah sendok teh kunyit dengan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Gunakan ramuan ini di pagi hari untuk berkumur selama 5-10 menit.

Nah, itulah beberapa cara alami untuk mengatasi sakit tenggorokanmu. Ingat, jika sakit berlanjut segera hubungi dokter. (Maharani Kusuma Daruwati)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Obat Alami Sakit Tenggorokan, Coba Khasiat 5 Bahan Dapur Ini", 

 

 

Selanjutnya: Catat, 5 bahan di dapur ini bisa menjadi obat alami sakit tenggorokan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru