Cara Cek Rating Penumpang Grab: Panduan Lengkap Tanpa Aplikasi

Sabtu, 15 November 2025 | 09:30 WIB
Cara Cek Rating Penumpang Grab: Panduan Lengkap Tanpa Aplikasi

ILUSTRASI. Mitra pengantaran Grab sedang mengambil pesanan di salah satu UMKM yang telah terdaftar sebagai mitra merchant GrabFood


Penulis: Bimo Kresnomurti  | Editor: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID – Simak cara cek rating customer Grab tanpa aplikasi. Rating customer Grab adalah nilai penilaian yang diberikan oleh mitra pengemudi terhadap penumpang setelah perjalanan selesai.

Grab merupakan salah satu aplikasi transportasi online yang memudahkan mobilitas penggunanya. Pengguna biasanya dapat memberikan rating atau penilaian kepada mitra Grab.

Kini sebaliknya, pengguna juga bisa mendapatkan penilaian dari mitra Grab. Lalu, seperti apa panduan untuk mengeceknya?

Baca Juga: Cara Cek Tarif Grab di Aplikasi dan Google Maps untuk Pemula

Grab belum memiliki sistem pada aplikasi pengguna untuk mengecek penilaian dari mitra Grab.

Sama seperti rating mitra, sistem ini menggunakan skala 1–5 bintang dan menjadi indikator bagaimana perilaku serta etika penumpang selama menggunakan layanan Grab.

Layaknya penumpang yang bisa memberi rating pada driver, mitra pengemudi pun memiliki hak menilai pengalaman mereka dengan pelanggan.

Baca Juga: Panduan Cara Daftar Mitra GrabCar Driver Online, Syarat, dan Ketentuan Tahun 2025

Pentingnya Rating Pelanggan Grab di Tahun 2025

1. Menjaga Kepercayaan dan Keamanan

Rating membantu driver menilai apakah seorang pelanggan memiliki riwayat perilaku baik atau justru sering menimbulkan masalah. Rating tinggi menunjukkan penumpang ramah, sopan, dan kooperatif.

2. Memengaruhi Kemudahan Mendapatkan Driver

Meskipun Grab tidak secara terbuka menyatakan bahwa rating rendah memengaruhi pencarian driver, banyak driver cenderung lebih nyaman menerima pesanan dari pelanggan dengan rating baik.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan yang Nonaktif

3. Mencerminkan Etika Berinteraksi

Rating adalah cerminan sikap penumpang. Dengan rating bagus, hubungan antara penumpang dan driver bisa tetap harmonis serta menciptakan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi kedua pihak.

4. Menghindari Pembatasan Akun

Jika rating terlalu rendah akibat banyak laporan negatif dari driver (misalnya kasar, membatalkan order sembarangan, atau merusak kendaraan), Grab dapat meninjau akun dan memberikan peringatan.

Baca Juga: Panduan Cara Update Rekening BSU Ketenagakerjaan Terbaru untuk Calon Penerima

Cara Cek Rating Customer Grab

Sampai saat ini, Grab belum menyediakan fitur langsung di aplikasi penumpang untuk melihat rating secara detail. Pelanggan hanya bisa melakukan pengecekan lewat 2 cara, dirangkum dari laman Grab.:

1. Melalui Driver yang Bersedia Memberitahu

  • Ketika driver menerima order, mereka bisa melihat rating penumpang. Pengguna dapat bertanya secara sopan:
  • “Pak/bu, boleh tahu rating saya berapa ya di aplikasi?”
  • Sebagian driver bersedia membantu memberi tahu.

2. Melalui Customer Service Grab

Pengguna bisa menghubungi layanan pelanggan Grab melalui:

  • Pusat bantuan di aplikasi Grab
  • Email resmi support Grab
  • Kunjungan ke Grab Help Center
  • Minta agar CS memberi informasi rating akun pengguna.
  • CS bisa memberitahukan atau memeriksa apakah akun aman.

Untuk mengecek rating customer Grab, pengguna dapat bertanya langsung kepada driver secara sopan atau menghubungi layanan pelanggan Grab melalui pusat bantuan, email resmi, atau Grab Help Center.

Tonton: MK Larang Polisi Aktif Pegang Jabatan Sipil, Harus Mundur atau Pensiun

Selanjutnya: 7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Hidup Lebih Lama, Hubungan Seksual Salah Satunya

Menarik Dibaca: 7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Hidup Lebih Lama, Hubungan Seksual Salah Satunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Terbaru