Cara meluruskan rambut pria dengan 7 bahan alami

Selasa, 19 Januari 2021 | 15:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara meluruskan rambut pria dengan 7 bahan alami

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti wanita, pria pun sering kali ingin memiliki rambut lurus. Alih-alih menggunakan produk yang terbuat dari bahan kimia, cara meluruskan rambut pria bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

Produk berbahan dasar kimia justru bisa memberikan efek samping. Sedangkan bahan kimia dinilai lebih aman, apalagi Anda bisa membuatnya sendiri. Jadi, keamanan pelurus rambut bisa lebih terjaga. Selain meluruskan rambut, bahan-bahan alami juga mampu menutrisi rambut dengan baik.

Beberapa pilihan bahan alami yang bisa Anda pakai adalah susu, telur, santan, lemon, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut secara rutin, rambut menjadi lurus, lembut, dan berkilau.

Susu dan Telur

Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), susu dan telur bisa jadi kombinasi yang efektif meluruskan rambut Anda. Caranya, campurkan segelas susu dengan dua butir telur. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada seluruh bagian rambut.

Baca Juga: 4 Cara meluruskan rambut yang mudah dilakukan

Selanjutnya, tutup rambut dengan shower cap selama satu jam kemudian bilas dengan sampo dan air. Lakukan cara tersebut secara rutin supaya hasilnya bisa terlihat dengan lebih cepat.

Santan dan Lemon

Cara meluruskan rambut pria selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan santan dan jeruk nipis. Pertama, Anda perlu mencampur segelas santan dengan 2 sdm minyak zaitun, air perasan setengah lemon, dan 2 sdt tepung jagung.

Selanjutnya, hangatkan campuran itu selama beberapa menit. Setelah campuran sedikit dingin dan sudah teraduk rata, aplikasikan pada rambut. Diamkan dulu selama satu jam sebelum Anda membilas rambut dengan air.

Gel Lidah Buaya

Salah satu cara meluruskan rambut pria adalah dengan memakai lidah buaya.

Lidah buaya adalah bahan alami lainnya yang bisa Anda pilih untuk meluruskan rambut. Ada beberapa cara menggunakan langkah lidah buaya yang direkomendasikan oleh NDTV Food. Pertama, rebus segelas air dan 3 sdt flaxseed atau biji rami dengan api kecil.

Setelah itu, campur air rebus flaxseed dengan 2 sdm gel lidah buaya, 1 sdm air lemon, 2 sdt minyak jarak, dan 2 sdt madu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata lalu gunakan pada rambut. Diamkan selama beberapa saat hingga kering kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 5 Khasiat daun salam untuk kulit dan rambut Anda

Pisang dan Madu

Cara meluruskan rambut pria juga bisa dilakukan dengan pisang dan madu, lo. Anda perlu menumbuk pisang hingga halus terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan sedikit madu, 2 sdt minyak zaitun, dan ½ gelas yogurt.

Aduk bahan-bahan tersebut hingga berbentuk pasta. Selanjutnya, aplikasikan pada rambut lalu tutup dengan handuk selama satu jam. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat dan keringkan secara natural supaya rambut lurus.

Selanjutnya: 3 Cara meluruskan rambut secara alami, mudah dicoba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru