Cara membedakan bintik merah gejala demam berdarah (DBD) dengan penyakit lain

Rabu, 26 Mei 2021 | 11:15 WIB Sumber: Kompas.com
Cara membedakan bintik merah gejala demam berdarah (DBD) dengan penyakit lain


TIPS & TRIK - Jakarta. Bintik merah adalah ciri umum gejala penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang kembali marak. Namun, bintik merah juga bisa timbul karena penyakit lain seperti campak, iritasi kulit, dll. Kenali cara membedakan bintik merah sebagai ciri-ciri gejala penyakit demam berdarah / DBD dengan penyakit lainnya agar tidak salah perawatan.

Bintik merah penyakit demam berdarah / DBD punya ciri-ciri khusus dan disertai gejala yang berbeda. Melansir buku Demam Berdarah Dengue, Penyakit & Cara Pencegahan (2008) oleh Oktri Hastuti, ciri-ciri demam berdarah / DBD selain munculnya bintik merah di kulit, antara lain:

  • Demam tinggi
  • Mengalami mimisan atau gusi berdarah
  • Sakit batuk, pilek, atau gangguan pernapasan
  • Sakit tenggorokan saat menelan
  • Nyeri otot, tulang, atau sendi
  • Terkadang liver, limpa, kelenjar getah bening bengkak
  • Dalam kondisi berat, terjadi syok

Apabila Anda melihat atau merasakan gejala penyakit yang ditularkan nyamuk Aedes aegypti ini, saatnya meningkatkan kewaspadaan akan demam berdarah / DBD.

Baca juga: Demam berdarah kembali marak, kenali gejala, obat dan cara menangani DBD

Selain itu, cermati juga ciri-ciri bintik merah DBD atau demam berdarah yang muncul di kulit sebagai berikut:

1. Letak dan bentuk bintik merah DBD

Menurut buku Demam Berdarah, Perawatan di Rumah dan Rumah Sakit (2004) oleh Dr. Hindra I. Satari, Sp.A(K) dan Mila Meiliasari, ciri-ciri bintik merah demam berdarah / DBD bisa dikenali dari lokasi kemunculannya. Bintik merah demam berdarah /  DBD biasanya muncul dari dada sebelah atas, sekitar ketiak, dan tungkai bagian bawah.

Saat masuk fase penyembuhan, bintik-bintik merah tersebut akan berkelompok dan menyatu sehingga terlihat seperti ruam. Ruam tersebut umumnya terlihat jelas di kedua kaki bagian bawah. Bahkan, terkadang bisa meluas ke seluruh tubuh.

Simak ciri-cirik bintik merah demam berdarah / DBD di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru