Cara Menanam Bunga Matahari di Rumah dan Merawatnya Bagi Pemula

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:16 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cara Menanam Bunga Matahari di Rumah dan Merawatnya Bagi Pemula

ILUSTRASI. Ilustrasi cara menanam bunga matahari di rumah. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.


TANAMAN HIAS -Jakarta. Cara menanam bunga matahari di rumah bisa dilakukan dengan mudah. Bunga matahari diyakini berasal dari Amerika pada 1.000 SM.

Sejak itu, bunga matahari dibudidayakan oleh banyak orang dan dijadikan sebagai bahan makanan seperti minyak biji bunga matahari.  

Biji bunga matahari digunakan sebagai sumber minyak nabati yang digunakan untuk memasak dan budidayanya semakin meluas di seluruh dunia. Terutama di negara-negara tropis seperti Peru, Argentina, Meksiko, dan banyak lagi. 

Selain itu bunga Matahari terus menjadi bunga yang populer karena warnanya yang cerah dan cerah. 

Lantas, bagaimana cara menanam bunga matahari di rumah dan merawat bunga matahari?

Baca Juga: Arti Bunga Matahari di Berbagai Kebudayaan untuk Pasangan, Mitos, dan Sejarahnya

Cara menanam bunga matahari

Ilustrasi cara menanam bunga matahari di rumah

Sebelum menyimak cara menanam bunga matahari di rumah, Anda harus terlebih dahulu memilih dengan cermat di mana Anda akan menanamnya. Dirangkum dari Little Flower Hut, bunga matahari suka tumbuh di lokasi di mana ada panas matahari langsung. 

Penting juga bahwa lokasinya dikeringkan dengan baik sehingga bunga matahari dapat menyesap lebih banyak air. Nah, berikut adalah cara menanam bunga matahari:

  • Gali tanah setidaknya sedalam 0,6 kaki hingga 0,9 meter karena akar bunga matahari perlu direntangkan. Bunga matahari tumbuh subur di tanah yang sedikit asam sehingga tanah harus kaya nutrisi.
  • Kemudian masukkan biji bunga matahari ke dalam tanah yang telah disiapkan. Pastikan tempat Anda akan menanam benih bunga matahari harus terlindung dari angin kencang. Anda dapat memasang pagar di sekitar area untuk mencegah kerusakan bunga matahari akibat angin kencang. Namun, yang terpenting adalah tempat Anda akan menanam biji bunga matahari minimal harus mendapatkan sinar matahari 6 sampai 8 jam sehari.
  • Pastikan biji bunga matahari harus terpisah untuk memberi ruang bagi pertumbuhan. Idealnya, jarak tanam antara satu biji bunga matahari dengan yang lainnya adalah 15 hingga 16 cm. 
  • Tambahkan sedikit pupuk ke tanah untuk meningkatkan pertumbuhan akar. Ada pupuk yang tersedia yang dapat Anda beli dari toko tanaman lokal atau dari toko bunga online. 

Itulah sejumlah cara menanam bunga matahari yang bisa dicoba di rumah. 

Baca Juga: Kenali 5 Kebutuhan Vitamin dan Mineral yang Bagus untuk Rambut

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru