Cara mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta yang merajalela

Selasa, 22 Juni 2021 | 11:30 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta yang merajalela

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Virus corona varian Delta hasil mutasi di India semakin merajalela dan turut menyebabkan Indonesia kembali darurat Covid-19. Bagaimana cara mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta?

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia melonjak pesat pada Juni ini. Indonesia pun kembali ke level darurat Covid-19. Simak cara mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta agar pandemi kembali terkendali.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia menembus angka 2 juta kasus, tepatnya 2.004.445 per Senin 21 Juni 2021. Sebanyak 54.956 orang meninggal dunia dan 1.801.761 dinyatakan sembuh.

Lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia dipengaruhi sejumlah hal. Selain dampak mobilitas warga selama Lebaran lalu, juga dipicu munculnya virus corona varian baru. Virus corona varian Delta atau yang dikenal dengan virus corona B.1.617.2 menurut sejumlah ahli sangat menular dan dapat memicu pasien yag terinfeksi mengalami kondisi yang parah.

Lantas, sebenarnya bagaimanakah cara mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta ini?

Cara mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta

Akademisi dan Praktisi Klinis Fakultas Kedokteran UI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam menjelaskan cara mencegah Covid-19 akibat virus corona varian Delta adalah dengan melakukan vaksinasi dan melakukan 5 M. “Saat ini beberapa virus mutan yang penyebarannya sangat cepat sudah di sekitar kita. Pencegahannya adalah dengan tetap melakukan vaksinasi dan pelaksanaan 5M,” ujar Ari dalam pesan singkat saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Adapun gerakan 5M untuk mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta yang bisa dilakukan yakni meliputi:

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir
  • Menjaga jarak
  • Menjauhi kerumunan
  • Membatasi mobilitas dan interaksi

Baca juga: Cara lengkap meningkatkan imun tubuh saat kasus Covid-19 meledak

Sementara itu, mengutip dari laman Healthline, berikut ini sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta:

1. Memakai masker

Cara pertama mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta adalah memakai masker. Jason Tetro, seorang ahli mikrobiologi dan pembawa acara “Super Awesome Science Show” mengatakan langkah terbaik guna mencegah varian baru adalah mengikuti upaya ABC pencegahan. ABC yang ia maksud yakni:

  • Airway: Lindungi diri dengan menggunakan pelindung seperti masker
  • Buble (gelembung): memastikan berhubungan hanya dengan orang-orang yang dikenal dan dipercaya. Berinteraksi dengan orang dalam gelembung jika ada yang terinfeksi akan mudah melakukan pelacakan.
  • Contact: Sebaiknya menggunakan aplikasi pelacakan kontak.

Simak cara mencegah Covid-19 akibat infeksi virus corona varian Delta di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru