Cara Mengatasi Insomnia, Sudah Coba Lakukan 5 Hal Ini?

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:07 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Mengatasi Insomnia, Sudah Coba Lakukan 5 Hal Ini?

ILUSTRASI. Insomnia.


KESEHATAN - Insomnia adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya kesulitan untuk tidur. Untuk mengatasi insomnia, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan supaya dapat memperbaiki masalah tidur yang dialami. 

Penderita insomnia biasanya kesulitan untuk tidur dan badan agar terasa lelah di pagi hari. Jika hal tersebut dibiarkan akan berbaha bagi kesehatan tubuh Anda. 

Untuk itu, segeralah pergi ke dokter jika Anda mengalami insomnia sebelum timbul masalah kesehatan lain. Apalagi jika Anda mengalami insomnia selama berminggu-minggu risiko munculnya penyakit serius akan menjadi lebih besar. 

Baca Juga: 6 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai, Hati-Hati!

Melansir dari Healthline, ada beberapa cara mengatasi insomnia sebelum menimbulkan berbagai risiko penyakit serius. Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini: 

Olahraga 

Salah satu cara mengatasi insomnia dapat dilakukan dengan berolahraga. Selain dapat membuat tidur nyenyak di malam hari, olahraga juga baik untuk kesehatan, bisa meningkatkan mood, menambah energi dan menurunkan berat badan. 

Cobalah untuk berolahraga setidaknya 20 menit sehari agar sistem imun tubuh baik. 

Yoga

Jika sebelumnya olahraga secara umum, cara mengatasi insomnia selanjutnya bisa dengan melakukan yoga. Yoga merupakan olahraga relaksasi yang mampu mengatasi insomnia.

Selain itu, yoga juga dipercaya dapat menghilangkan stres dan meningkatkan fokus.

Baca Juga: 5 Makanan yang Ampuh Dijadikan Sebagai Obat Alami Mengatasi Asam Lambung, Catat!

Hindari Konsumsi Kafein 

Menghindari konsumsi kafein merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi insomnia. Pasalnya, kafein dapat menyulitkan Anda merasa ngantuk dan tidur jika mengnkonsumsinya terlalu banyak. 

Minyak Lavender 

Cara terakhir Anda bisa mengatasi insomnia dengan menggunakan minyak lavender. Hal tersebut dikarenakan minyak lavender mampu membuat rileks dan mengurangi tingkat kecemasan seseorang. 

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsum teh lavender karena memberikan efek yang sama. 

Baca Juga: Cek, Daftar Harga iPad Berbagai Seri di iBox per Juni 2022

Mengkonsumsi Magnesium

Cara mengatasi insomnia lainnya adalah dengan mengkonsumsi magnesium. Pasalnya, magnesium mampu mengurangi stres dan membuat otot-otot rileks, hal tersebut dapat membuat badan cepat mengantuk. 

Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi magnesium karena ditakutkan akan meninmbulkan efek samping tertentu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru