Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, tak perlu ke kantor cabang

Rabu, 15 Desember 2021 | 13:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, tak perlu ke kantor cabang

ILUSTRASI. Anda bisa mencoba beberapa cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan.


BPJS KETENAGAKERJAAN - JAKARTA. Tahukah Anda bahwa cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa Anda lakukan tanpa perlu pergi kantor cabang? Caranya, dengan memakai aplikasi, mengunjungi website resmi, atau memanfaatkan layanan SMS.

Biasanya, iuran BPJS Ketenagakerjaan dibayarkan oleh perusahaan atau pemberi kerja untuk tiap peserta. Nah, saldo adalah akumulasi iuran tersebut dan bisa dicairkan. Baik karena peserta memasuki masa pensiun ataupun sudah tidak bekerja di pemberi kerja itu.

Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah dengan memakai aplikasi JMO (Jamsostek Mobile). Anda perlu mengunduh dan memasangnya dulu di handphone Anda.

Jika belum pernah memiliki akun di aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah masuk ke aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), Anda bisa pergi ke menu saldo. Nantinya, akan tertera jumlah saldo yang Anda miliki.

Baca Juga: 3 Cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak dengan NIK

Baca Juga: Cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak dengan NIK, ada 3 cara

Cara kedua yang bisa Anda praktikkan adalah dengan mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan, sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Sama seperti memakai aplikasi, Anda perlu melakukan log in terlebih dahulu.

Anda bisa klik “Buat Akun Baru” jika belum memiliki akun sebelumnya. Selanjutnya, pergi ke menu lihat saldo. Nah, di sanalah Anda bisa melihat jumlah saldo yang masih Anda miliki dan bisa Anda cairkan.

Berikutnya, cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dapat Anda coba adalah dengan mengirim SMS. Format SMS yang perlu Anda kirim adalah SALDO (spasi) Nomor Peserta. Kirim format itu ke 2757.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek saldo. Apabila cara-cara tersebut masih membuat Anda kesulitan, tak ada salahnya untuk mencoba bertanya ke customer service BPJS Ketenagakerjaan. Anda juga bisa pergi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru