Cara menghilangkan jerawat batu bisa pakai 5 bahan ini

Senin, 31 Mei 2021 | 09:02 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara menghilangkan jerawat batu bisa pakai 5 bahan ini

ILUSTRASI. Cara menghilagkan jerawat batu bisa Anda lakukan dengan bahan alami.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat batu adalah salah satu tipe jerawat yang suling dihilangkan. Aliha-laih memencetnya, masih banyak cara menghilangkan jerawat batu yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan memakai bahan alami.

Memencet jerawat justru dapat memperparah kondisi kulit. Kulit Anda semakin meradang dan risiko terinfeksi bakteri meningkat. Maka dari itu, jerawat perlu dirawat dengan cara yang benar supaya kondisi kesehatan kulit tetap terjaga.

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan bahan alami, tetap lakukan uji coba dulu, ya. Jika tidak ada efek samping yang Anda rasakan, Anda bisa melanjutkan pemakaian bahan-bahan alami berikut ini.

Putih Telur

Mengutip dari Total Beauty (totalbeauty.com), putih telur bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Manfaat itu berasal dari kandungan dalam putih telur yang bernama lysozyme dan albumin. Dua kandungan tersebut mampu mengencangkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Artinya, jerawat batu bisa sembuh dengan lebih cepat. Caranya sangat mudah. Aplikasikan putih telur pada kulit wajah lalu diamkan dulu selama delapan hingga 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga: 3 Masker kunyit ini sesuai dengan masalah kulit Anda

Cuka Apel

Cara menghilangkan jerawat batu selanjutnya adalah dengan cuka apel. Bahan alami itu mampu menenangkan dan menyeimbangkan kondisi kulit. Anda hanya perlu mengaplikasikan cuka apel pada kulit wajah selama semalaman. Untuk mendapat hasil maksimal, ulangi langkah tersebut secara rutin.

Kayu Manis dan Madu

Kayu manis dan madu bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu.

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat adalah kayu manis dan madu. Caranya, campur 3 sdt madu dengan 1 sdt bubuk kayu manis. Setelah teraduk rata, gunakan campuran madu dan kayu manis itu pada area kulit yang berjerawat selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Coba 4 cara alami menghilangkan bekas jerawat ini, yuk

Kunyit

Total Beauty merekomendasikan kunyit sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat batu. Kandungan-kandungan dalam bahan alami itu berfungsi sebagai astringen, antiseptik, dan antiinflamasi yang efektif mengurangi rasa tidak nyaman akibat jerawat batu.

Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Pertama, campur 1 sdt bubuk kunyit dengan ½ sdt air lalu aduk hingga rata. Setelah berbentuk pasta, aplikasikan pada wajah selama 45 hingga 60 menit kemudian bilas dengan air. Karena bisa meninggalkan bekas warna kunyit, Anda perlu hati-hati dalam menggunakannya.

Selanjutnya: 5 Rekomendasi obat jerawat alami, bahan mudah ditemukan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru