Cara mengurangi risiko kanker, konsumsi makanan berikut

Selasa, 18 Mei 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mengurangi risiko kanker, konsumsi makanan berikut


KESEHATAN - Jakarta. Penyakit kanker bisa terjadi pada siapa saja. Sebagai cara mengurangi risiko tersebut, konsumsi sejumlah makanan yang memiliki khasiat bisa mencegah kanker.

Memang tidak ada makanan yang sepenuhnya dapat melindungi kita dari berbagai jenis penyakit kanker. Namun, tidak dipungkiri lagi, beberapa makanan sehat memiliki manfaat yang besar dalam mencegah atau menurunkan risiko terkena kanker jika kita menambahkannya ke rutinitas makan sehari-hari.

Adapun, makanan yang mengandung senyawa alami dan memiliki sifat antikanker kuat atau yang bisa mencegah dan menurunkan risiko kanker tersebut meliputi:

1. Buah apel

Makanan pertama yang bisa mengurangi risiko kanker adalah buah apel. Frasa "sebutir apel sehari menjauhkan dokter" sebenarnya cukup tepat.

Apel mengandung polifenol yang memiliki khasiat antikanker yang menjanjikan. Polifenol adalah senyawa nabati yang dapat mencegah peradangan, penyakit kardiovaskular, dan infeksi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa polifenol memiliki sifat antikanker dan melawan tumor. Misalnya, polifenol phloretin dapat menghambat protein yang disebut transporter glukosa 2 (GLUT2), yang berperan dalam pertumbuhan sel stadium lanjut pada jenis kanker tertentu.

Sebuah studi dari tahun 2018 di Journal of Food and Drug Analysis menunjukkan bahwa apel yang mengandung phloretin secara signifikan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan tidak memengaruhi sel normal.

Baca juga: Cara mengurangi risiko kanker, hindari makanan berikut

2. Buah beri

Makanan kedua yang bisa mengurangi risiko kanker adalah buah beri. Buah beri kaya akan vitamin, mineral, dan serat makanan. Para ilmuwan mengatakan buah beri banyak diminati karena sifat antioksidan dan potensi manfaat kesehatannya yang besar.

Satu studi menunjukkan bahwa antosianin — yang merupakan senyawa dalam blackberry — dapat menurunkan biomarker untuk kanker usus besar. Studi lain juga membuktikan efek antiinflamasi bluberi mampu mencegah pertumbuhan tumor kanker payudara pada tikus.

Simak daftar makanan untuk mengurangi risiko kanker di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru