Cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi lansia untuk mencegah Covid-19

Selasa, 29 Juni 2021 | 07:51 WIB Sumber: Kompas.com
Cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi lansia untuk mencegah Covid-19

ILUSTRASI. Cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi lansia untuk mencegah Covid-19

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia diperkirakan masih akan terjadi setidaknya hingga akhir Juni 2021. Selain menjalankan protokol kesehatan, kita harus meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah infeksi virus corona penyebab Covid-19 harus dilakukan semua orang, terutama kelompok lanjut usia (lansia). Pasalnya, lansia berisiko tinggi jika terkena Covid-19. Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi lansia untuk mencegah infeksi virus corona penyebab Covid-19?

Meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu upaya untuk mencegah infeksi virus corona penyebab Covid-19. Dengan memiliki daya tahan yang kuat, tubuh akan lebih kebal dan tidak mudah terserang berbagai penyakit, termasuk virus corona penyebab Covid-19.

Dilansir dari Healthline, 10 Januari 2019, berikut adalah cara meningkatkan daya tahan tubuh lansia untuk mencegah Covid-19.

1. Makan makanan yang sehat dan seimbang

Cara pertama meningkatkan daya tahan tubuh lansia untuk mencegah Covid-19 adalah dengan makan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Makan sehat ini termasuk pola makan yang kaya akan buah dan sayur yang mengandung vitamin serta antioksidan. Di samping itu, mengurangi asupan gula, lemak, dan makanan olahan juga penting untuk menyeimbangkan nutrisi yang dikonsumsi.

Baca juga: Waspada Covid-19! Konsumsi 4 vitamin ini untuk daya tahan tubuh

2. Aktif secara fisik

Cara kedua meningkatkan daya tahan tubuh lansia untuk mencegah Covid-19 adalah tetap aktif secara fisik. Aktivitas fisik yang berat tentu akan semakin sulit dilakukan seiring dengan bertambahnya usia, namun ini tidak berarti bahwa lansia tidak bisa aktif bergerak.

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melawan infeksi serta virus. Lakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik selama tiga hari dalam seminggu. Aktivitas ini dapat berupa jalan kaki, bersepeda, yoga, dan lain-lain.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru