Cara menurunkan berat badan secara mudah dengan puasa Ramadan

Jumat, 16 April 2021 | 10:55 WIB Sumber: Kompas.com
Cara menurunkan berat badan secara mudah dengan puasa Ramadan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kombinasi diet dan olahraga adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, puasa Ramadan juga bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan secara mudah,.

Banyak orang sudah membuktikan, puasa selama sebulan bisa menurunkan berat badan lebih dari 5 kg. Namun, ada juga yang gagal menurunkan berat badan dan malah semakin gendut pasca puasa Ramadan.

Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan saat puasa Ramadan? Agar bisa menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang harus dihindari saat puasa Ramadan. Simak penjelasannya:

1. Makan berlebihan saat sahur dan berbuka

Anda bisa menurunkan berat badan ketika kalori yang masuk lebih kecil daripada kalori yang keluar. Jika saat sahur dan berbuka Anda mengonsumsi kolori berlebihan, tentu saja berat badan Anda akan susah naik.

Terutama saat berbuka, jangan kalap mata saat melihat makanan. Kontrol nafsu makan Anda, agar berat badan bisa turun.

Baca juga: Sudah diet & olahraga tapi gagal menurunkan berat badan? Coba cara ini

2. Tidak mengonsumsi makanan bergizi

Ketika waktu berbuka tiba, bukan berarti Anda bisa makan apapun. Anda tetap harus mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Untuk menurunkan berat badan selama puasa Ramadan, fokuslah pada makanan kaya protein tanpa lemak, serat, dan lemak sehat ketika sahur dan berbuka.

Simak cara agar puasa Ramadan bisa menurunkan berat badan di halaman selanjutnya

3. Melewatkan waktu berbuka atau sahur

Untuk menurunkan berat badan selama puasa Ramadan, jangan pernah melewatkan waktu berbuka atau sahur. Melewatkan waktu sahur bisa membuat Anda merasa kelaparan selama berpuasa. Akibatnya, Anda bisa makan berlebihan nantinya.

4. Kurang tidur

Cara lain untuk menurunkan berat badan selama puasa Ramadan adalah dengan memastikan jam istirahat yang cukup. Beberapa penelitian telah menunjukan kurang tidur bisa memicu kenaikan berat badan.

Meski sedang berpuasa, usahakan Anda tetap tidur cukup minimal 7 jam setiap harinya. Anda bisa mengakalinya dengan tidur siang selama 30 hingga satu jam.

Baca juga: Cara mudah menurunkan berat badan, cukup dengan jalan kaki, simak panduannya

5. Kurang konsumsi air

Cara selanjutnya agar bisa menurunkan berat badan selama puasa Ramadan adalah dengan cukup konsumsi air. Kurang minum air selama puasa mungkin tidak hanya bisa membuat Anda dehidrasi. Kurang minum juga membuat Anda mudah merasa lapar.

Jadi, cukupi kebutuhan air Anda saat sahur dan berbuka. Anda bisa mengonsumsi air sedikit demi sedikit namun sering ketika sahur dan berbuka nantinya.

Itulah cara agar puasa Ramadan bisa menurunkan berat badan. Jalani semua tips di atas dan rasakan manfaatnya setelah Lebaran nanti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Berat Badan Turun Selama Puasa, Hindari 5 Hal Ini",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Selanjutnya: 4 Manfaat jahe untuk wanita, termasuk menurunkan berat badan

 

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Adi Wikanto
Terbaru