Cara merawat anak Covid-19 saat isolasi mandiri, obat & vitamin ini wajib ada

Sabtu, 10 Juli 2021 | 11:50 WIB Sumber: Kompas.com
Cara merawat anak Covid-19 saat isolasi mandiri, obat & vitamin ini wajib ada


COVID-19 - Jakarta. Anak yang positif Covid-19 dengan gejala ringan bisa dirawat sendiri di rumah. Sejumlah obat dan vitamin harus tersedia kala merawat anak yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Simak daftar obat dan vitamin untuk merawat anak positif Covid-19. Berikan obat dan vitamin itu sesuai kebutuhan.

Orangtua yang merawat anak positif Covid-19 dengan isolasi mandiri dituntut bertindak cermat. Kecepatan ini termasuk pula dalam urusan memilih jenis obat dan vitamin yang diberikan kepada buah hati, demi proses penyembuhan dari Covid-19.

Anak yang terpapar Covid-19 namun mengalami gejala ringan, tidak perlu dirawat di rumah sakit. Proses isolasi yang dibarengi dengan pengobatan sesuai anjuran tenaga kesehatan, ditambah asupan makanan bergizi, menjadi cara terbaik untuk menyembuhkan Covid-19.

Namun demikian, orangtua tetap harus teliti memantau kondisi anak ketika sedang menjalani masa isolasi. Demikian pula ketika memberikan obat dan vitamin untuk mengobati berbagai gejala yang mungkin dirasakan anak akibat Covid-19.

Dokter spesialis anak, dr. Arifianto, Sp.A(K), melalui akun media sosial-nya menyebut, banyak orangtua yang salah kaprah soal pengobatan untuk anak yang positif Covid-19. Banyak yang memberikan antiobiotik dengan harapan dapat mempercepat proses penyembuhan dari Covid-19.

"Pemberian antibiotik empiris selayaknya tidak dilakukan pada kasus Covid-19," ujar dia melalui kicauan di Twitter.

Baca juga: Tanpa ke dokter, ini cara ampuh menyembuhkan gangguan indra penciuman akibat Covid-19

Dia memastikan, antibiotik tidak berguna untuk mengobat virus, termasuk Covid-19. Selain itu, perlu juga diperhatikan potensi efek samping akibat mengonsumsi antiobiotik berlebihan yang bisa menjadi buruk, khususnya bagi anak-anak.

Sebaliknya, ada beberapa jenis obat dan vitamin yang perlu disiapkan di rumah ketika anak menjalani masa isolasi mandiri akibat Covid-19. Saran tersebut berdasarkan panduan yang dirilis oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) belum lama.

Berikut obat dan vitamin yang harus tersedia untuk merawat anak positif Covid-19:

Obat demam

Obat wajib yang harus tersedia saat merawat anak positif Covid-19 adalah obat demam. Kita dianjurkan menyediakan obat demam seperti paracetamol ketika subuh tubuh anak naik, demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Berikan dengan dosis sesuai yang tertera di kemasan atau anjuran dari tenaga kesehatan.

Simak daftar obat dan vitamin lain untuk merawat anak positif Covid-19 di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru