Cari cara menghilangkan tahi lalat? Coba 5 bahan alami ini

Kamis, 18 Maret 2021 | 10:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara menghilangkan tahi lalat? Coba 5 bahan alami ini

ILUSTRASI. Bawang merah bisa digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap orang memiliki tahi lalat di beberapa area kulit. Sebenarnya, tahi lalat tidak berbahay. Namun, bagi sebagian orang, kemunculan tahi lalat bisa menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasi masalah itu, ada beberapa cara menghilangkan tahi lalat yang bisa Anda coba.

Pertama adalah berkonsultasi dengan dokter. Setelah melalui beberapa jenis pemeriksaan, biasanya tahi lalat akan diangkat dengan cara operasi. Jika Anda mencari cara lain, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Beberapa jenis bahan alami bisa digunakan untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan tahi lalat. Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati. Jika bahan alami yang Anda pakai menimbulkan reaksi alergi atau efek samping lain, segera hentikan pemakaiannya, ya.

Bawang Merah

Mengutip dari India.com, bawang merah bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, kupas kulit bawang merah lalu potong menjadi beberapa bagian.

Selanjutnya, tumbuk bawang merah itu supaya Anda bisa mendapat ekstraknya. Gunakan ekstrak bawang merah pada tahi lalat yang ingin Anda hilangkan. Usahakan untuk melakukan langkah tersebut secara rutin agar tahi lalat bisa hilang dengan cepat.

Baca Juga: 3 Gejala kanker kulit beserta cara mencegahnya

Baking Soda dan Minyak Jarak

Tahi lalat juga bisa dihilangkan dengan baking soda dan minyak jarak. Caranya, campur 1 sdm baking soda dengan 2 sdm minyak jarak. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada tahi lalat lalu diamkan selama beberapa jam. Selanjutnya, bilas dengan air.

Tea Tree Oil

Selain bahan-bahan di atas, tea tree oil pun bisa dipakai untuk menghilangkan tahi lalat. India.com menyebutkan bahwa bahan alami itu mampu menghilangkan tahi lalat dalam kurun waktu beberapa minggu, tergantung dari ukuran tahi lalat.

Baca Juga: Banyak tahi lalat makin berisiko kanker kulit

Bawang Putih

Salah satu cara menghilangkan tahi lalat adalah dengan memakai bawang putih.

Tidak hanya bawang merah, cara menghilangkan tahi lalat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih. Enzim dan berbagai macam kandungan dalam bawang putih mampu memecah sel kulit sehingga tahi lalat hilang.

Caranya, tumbuk beberapa siung bawang putih sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, aplikasikan pada tahi lalat yang ingin dihilangkan lalu tutup dengan perban selama beberapa jam. Namun, pastikan bawang putih tidak mengenai kulit sekitar tahi lalat karena bisa menyebabkan iritasi.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan flek hitam secara alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru