Cari Cara Menghilangkan Uban? Pakai 8 Bahan Alami Ini

Senin, 31 Januari 2022 | 10:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari Cara Menghilangkan Uban? Pakai 8 Bahan Alami Ini

ILUSTRASI. Cara menghilangkan uban ada banyak, misalnya dengan bahan alami.


KESEHATAN - JAKARTA. Tidak hanya orang tua, Anda yang masih berusia muda juga bisa memiliki uban. Meski tidak membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan, cara menghilangkan uban tetap penting untuk dilakukan.

Biasanya, uban muncul setelah Anda memasuki usia 30-an. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa uban muncul saat usia Anda masih muda. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya hal itu. Mulai dari polusi, stres, penggunaan pewarna rambut yang terlalu banyak, dan lain sebagainya.

Tubuh yang kekurangan nutrisi tertentu juga bisa jadi faktor munculnya uban di usia muda. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Selain itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan ini supaya kemunculan uban berkurang.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi kemunculan uban, lo. Mengutip dari Nutrition Inside (nutritioninside.com), Anda perlu menumbuk beberapa helai daun jambu biji lalu mencampurnya dengan 2 sdm mustard oil. Aplikasikan pada kulit kepala selama 30 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Uban Ini Sangat Mudah untuk Dicoba

Teh Hitam

Anda bisa menyamarkan kemunculan uban dengan memanfaatkan Teh Hitam. Caranya, rebus 2 sdt teh hitam di satu gelas air. Setelah mendidih, diamkan sebenar sampai suhunya turun. Gunakan air rebusan teh hitam untuk menyiram rambut, diamkan selama 1 jam, lalu bersihkan memakai air.

Jahe dan Madu

Cara menghilangkan uban berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memakai jahe dan madu. Caranya, campur lima hingga enam iris jahe dengan 3 sdm madu. Setelah teraduk rata, pijatkan pada kulit kepala secara perlahan, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air.

Bawang Merah

Salah satu cara menghilagkan uban adalah memakai bawang merah.

Jika Anda mencari bahan alami yang bisa mengatasi kemunculan uban, bawang merah bisa dijadikan pilihan. Melansir Nutrition Inside, cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, haluskan dua bawang merah berukuran sedang dengan air menggunakan blender.

Saring jus bawang merah itu lalu gunakan air yang sudah disaring dari kulit kepala hingga ujung rambut. Selanjutnya, tutup rambut dengan shower cap. Setelah 30 menit, bilas dengan air. Anda bisa melakukan langkah-langkah itu sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: Hasilnya efektif, coba 4 cara menghilangkan uban ini

Lemon dan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan uban juga bisa Anda lakukan dengan mengkombinasikan minyak kelapa dan lemon. Caranya, campur ½ sdm air perasan lemon dengan minyak kelapa sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Selanjutnya, pijatkan pada kulit kepala dan rambut selama 10 menit lalu diamkan semalaman. Cuci rambut dengan sampo di pagi hari. Usahakan untuk melakukan langkah tersebut secara rutin supaya Anda bisa mendapat hasil yang maksimal.

Kopi

Kopi jadi bahan selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan untuk menghilangkan uban. Supaya hasilnya lebih maksimal, tak ada salahnya untuk mencampur kopi dengan henna. Tambahkan air ke dua bahan itu lalu aplikasikan ke rambut. Diamkan selama 3 jam kemudian bersihkan memakai sampo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru