Cari cara mengusir semut? Coba 7 bahan alami ini, yuk

Kamis, 09 Desember 2021 | 15:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara mengusir semut? Coba 7 bahan alami ini, yuk


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Semut adalah salah satu jenis serangga yang bisa mengganggu Anda. Gigitan serangga itu bisa memicu masalah kulit sehingga mengganggu kesehatan. Anda tidak perlu khawatir karena beragam bahan alami bisa dipakai sebagai cara mengusir semut.

Sebenarnya, ada banyak produk pembasmi semut di pasaran yang bisa Anda temui. Namun, karena terbuat dari bahan kimia, produk tersebut cukup berisiko untuk dipakai. Apalagi jika ada anak kecil atau hewan peliharaan di rumah Anda.

Dikhawatirkan produk berbahan kimia menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Supaya hal itu tak terjadi, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Tidak hanya aman digunakan, bahan alami juga efektif sebagai obat semut.

Lada

Jika Anda memiliki lada di rumah, gunakan bumbu dapur itu sebagai cara menghilangkan semut. Anda bisa menaburkan lada secara langsung atau mencampurnya dengan air terlebih dahulu. Taburkan atau semprotkan air lada di tempat-tempat yang dilalui semut.

Baca Juga: Cara usir lalat pakai bahan alami, mudah dilakukan!

Cuka

Cara mengusir semut pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan cuka. Mengutip dari Family Handyman (familyhandyman.com), Anda perlu mencampur cuka dan air dengan perbandingan 3:1. Aroma cuka yang kuat dapat mengganggu alur penciuman semut.

Tepung

Cara membasmi semut juga bisa Anda lakukan dengan tepung, lo. Sama seperti kayu manis, Anda bisa menebarkan tepung ke tempat-tempat yang dilewati semut. Misalnya, di sekitar pintu, di sepanjang jendela, dan lain sebagainya.

Air Panas

Apakah Anda menemui sarang semut berupa gundukan di sekitar tempat tinggal Anda? Jika iya, cobalah untuk menyiram air panas di gundukan itu. Harap menggunakan sarung tangan atau pelindung lain saat menuangkan air panas supaya tubuh Anda tak terluka.

Kopi

Salah satu cara mengusir semut adalah memakai kopi.

Jika Anda mencari cara mengusir semut, maka kopi adalah jawabannya. Melansir Family Handyman, ada beberapa alasan mengapa kopi jadi bahan alami yang efektif mengusir semut. Pertama karena aromanya yang kuat. Kedua, tekstur kopi yang kasar tidak disukai semut.

Baca Juga: 4 Cara efektif mengusir lalat yang mudah untuk dicoba

Jeruk

Jeruk bisa jadi cara mengusir semut.

Cara menghilangkan semut di rumah selanjutnya adalah dengan memakai jeruk. Zat asam alami yang terkandung dalam jeruk atau jenis buah asam lainnya bisa menutupi alur semut yang biasa dilalui. Anda hanya perlu mencampur air perasan jeruk dengan air biasa lalu semprotkan di beberapa bagian rumah.

Kayu Manis

Kayu manis jadi pengusir semut selanjutnya yang perlu Anda coba. Tidak hanya efektif membasmi serangga, aroma kayu manis yang kuat bisa membuat ruangan menjadi lebih harum. Anda hanya perlu menaburkan bubuk kayu manis di sarang semut atau alur jalan semut di sekitar rumah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru