Cara usir lalat pakai bahan alami, mudah dilakukan!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:22 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara usir lalat pakai bahan alami, mudah dilakukan!


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Lalat adalah jenis serangga yang bisa menyebarkan berbagai jenis penyakit. Maka dari itu, cara mengusir lalat harus segera Anda lakukan. Apalagi jika lalat terbang di sekitar makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

Ada banyak pengusir lalat yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun, tak ada salahnya untuk menjajal beberapa bahan alami. Selain murah, bahan-bahan dalam artikel ini juga cukup mudah untuk didapatkan.

Apabila bahan alami berikut ini tak memberikan efek apa pun, jangan ragu untuk meminta pertolongan pembasmi serangga, ya. Dengan begitu, tempat tinggal Anda menjadi lebih aman dari serangan lalat.

Kemangi

Selain enak dijadikan lalapan, kemangi juga cocok dijadikan pengusir lalat, lo. Melansir Firstcry.com, lalat tidak suka dengan aroma daun kemangi yang khas. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memanfaatkan daun kemangi.

Pertama, Anda bisa merawat daun kemangi di sekitar rumah Anda. Kedua, olah daun kemangi menjadi semprotan lalat. Caranya, rebus beberapa lembar daun kemangi selama 30 menit. Setelah itu, saring air rebusan itu lalu gunakan untuk menyemprot lalat yang hinggap di rumah Anda.

Baca Juga: Tips ampuh mengusir lalat dari rumah, cuma pakai 5 bahan ini!

Minyak Kayu Putih, Witch Hazel, dan Cuka Apel

Cuka apel berguna sebagai cara mengusir lalat.

Tahukah Anda bahwa cara mengusir lalat bisa Anda lakukan dengan minyak kayu putih dan cuka apel? Pertama, masukkan ¼ gelas witch hazel dan ¼ gelas cuka apel dalam sebuah botol. Kocok beberapa kali lalu tambahkan 60 tetes minyak kayu putih. Selanjutnya, semprotan lalat siap untuk digunakan.

Cuka Apel dan Sabun

Firstcry.com merekomendasikan cuka apel dan sabun sebagai cara mengusir lalat. Cara membuat jebakan lalat dari dua bahan itu cukup mudah. Masukkan cuka apel dan sabun secukupnya dalam sebuah wadah yang terbuka.

Sabun berguna untuk mengurangi tekanan di permukaan. Jadi, cuka akan mengendap di bawah. Ketika ada lalat yang hinggap di permukaan air tersebut, lalat justru akan tenggelam. Anda bisa meletakkan beberapa jebakan lalat itu di sekitar rumah Anda.

Baca Juga: Mudah! 4 Cara membasmi kecoak, tikus, semut hingga rayap dari rumah

Jahe

Cara mengusir lalat bisa pakai jahe.

Cara mengusir lalat berikutnya bisa Anda coba dengan memanfaatkan jahe. Campurkan 2 sendok jahe yang sudah dipotong dengan 4 gelas air. Aduk rata sampai jahe benar-benar tercampur kemudian saring air. Selanjutnya, gunakan air tersebut untuk semprotan.

Selanjutnya: Banyak lalat di rumah? Ini tips jitu mengusir lalat pakai bahan-bahan sederhana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru