CLOSE [X]

Cegah dari sekarang, ini penyebab hipertensi

Senin, 05 Juli 2021 | 12:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cegah dari sekarang, ini penyebab hipertensi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hipertensi bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor penyebab hipertensi yang perlu Anda hindari dari sekarang.

Ada banyak penyebab hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi yang bisa Anda alami. Sayangnya, ada banyak kasus di mana gejala penyakit tersebut tak terlalu terlihat. Maka dari itu, mewaspadai penyebabnya adalah hal penting yang perlu Anda lakukan.

Saat tekanan darah dalam tubuh tak terkontrol, kesehatan bagian tubuh yang lain bisa terganggu. Mengutip dari NHS (nhs.uk), ada beberapa komplikasikan hipertensi yang dapat terjadi. Mulai dari serangan jantung, stroke, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan lain sebagainya.

Sebelum masalah kesehatan yang lebih serius Anda alami, penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat. Memerhatikan beberapa faktor di bawah ini juga bisa Anda lakukan. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda dapat terjaga.

Pola Hidup yang Tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat jadi salah satu faktor yang menyebabkan tekanan darah Anda terlalu tinggi. Misalnya, Anda memiliki kebiasaan merokok, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, jarang olahraga, dan lain sebagainya. hal tersebut bisa menyebabkan masalah yang lebih parah saat usia lebih dari 65 tahun.

Baca Juga: Coba 5 makanan untuk tekanan darah rendah ini, yuk

Gangguan Hormon

Gangguan hormon dalam tubuh bisa jadi salah satu penyebab hipertensi, lo. Misalnya, tiroid yang terlalu aktif atau justru tak terlalu aktif, hiperaldoteronisme atau jumlah hormon aldoteron yang bertambah, dan gangguan hormon yang lainnya.

Penyakit Lupus

NHS menyebutkan bahwa hipertensi juga bisa terjadi saat Anda menderita penyakit lupus. Penyakit lupus adalah salah satu jenis penyakit autoimun di mana sistem imun justru menyerang tubuh Anda sendiri. Akibatnya, organ, sendi, kulit, dan bagian tubuh yang lain mengalami gangguan.

Baca Juga: Waspadai ciri-ciri dan pemicu serangan jantung saat olahraga

Gangguan Tidur

Penyebab hipertensi berikutnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah gangguan tidur, seperti insomnia atau sleep apnea. Gangguan tidur menyebabkan tubuh tak bisa beristirahat secara optimal. Selain mengganggu tekanan darah, gangguan tidur juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lain.

Obat yang Anda Konsumsi

Beberapa jenis obat bisa jadi salah satu penyebab hipertensi.

Penyakit tekanan darah tinggi juga bisa dipicu karena beberapa jenis obat yang Anda konsumsi. Mulai dari pil kontrasepsi, beberapa jenis obat batuk dan pilek, antidepresan, dan lain-lain. Jika Anda mengalami masalah tekanan darah setelah mengonsumsi jenis obat tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Selanjutnya: Catat, jangan abaikan 5 ciri-ciri penyakit jantung ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru