Ciri-Ciri Tekanan Darah Tinggi dan 6 Cara Pasien Mengatasinya Sendiri

Sabtu, 10 Juni 2023 | 07:39 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Ciri-Ciri Tekanan Darah Tinggi dan 6 Cara Pasien Mengatasinya Sendiri

ILUSTRASI. Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik pada tubuh seseorang lebih dari atau sama dengan 140 mmHg.


KESEHATAN - Hipertensi merupakan salah satu penyakit berbahaya. Tak mengherankan jika penyakit yang satu ini dijuluki sebagai The Silent Killer. 

Mengutip laman Kemkes.go.id, secara pengertian, hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik pada tubuh seseorang lebih dari atau sama dengan 140 mmHg dan atau tekanan darah diastolik lebih dari atau sama dengan 90 mmHg.

Kondisi hipertensi sendiri seringkali tidak disadari oleh penderita. Diperkirakan 46% orang dewasa tidak menyadari kondisi ini. Selain itu, hipertensi juga masih menjadi penyebab utama kematian dini di seluruh dunia.

Ada banyak faktor resiko yang menyebabkan hipertensi.  Faktor-faktor resiko ini dapat dicegah, seperti kebiasaan merokok, diabetes, kelebihan berat badan atau obesitas, jarangnya melakukan aktivitas fisik, konsumsi garam berlebihan, serta konsumsi alkohol.

Kondisi lain yang tidak dapat dicegah yang menjadi faktor resiko hipertensi juga seperti adanya riwayat keluarga hipertensi, usia tua di atas 65 tahun, serta ketika ada kondisi penyerta seperti penyakit ginjal.

Baca Juga: Jus Buah Penurun Darah Tinggi, Alternatif Mengobati Hipertensi Selain Obat Dokter

Gejala hipertensi

Meskipun pada umumnya penderita hipertensi tidak menunjukkan gejala atau keluhan tertentu, namun terdapat keluhan tidak spesifik yang bisa dirasakan oleh penderita hipertensi, di antaranya adalah:

1. Sakit kepala dan pusing

2. Jantung berdebar-debar

3. Rasa sakit di dada

4. Gelisah

5. Penglihatan kabur

6. Mudah lelah

Baca Juga: Mengenali Gejala Stroke dengan Metode FAST, Begini Caranya

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru