Dari bahan alami, ini 4 rekomendasi obat nyeri otot

Rabu, 07 Juli 2021 | 21:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dari bahan alami, ini 4 rekomendasi obat nyeri otot


KESEHATAN - Nyeri otot bisa disebabkan oleh banyak hal. Tentu saja, ada banyak cara mengatasi masalah tersebut. Salah satunya, dengan mengonsumsi obat nyeri otot.

Penyebab nyeri beragam, mulai dari cedera, aktivitas fisik yang salah, hingga kondisi kesehatan tertentu. 

Sebenarnya, Anda bisa mengonsumsi obat apotek. Namun, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. 

Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Apalagi jika nyeri otot terus terjadi dalam jangka waktu lama dan dibarengi dengan gejala lain yang lebih serius.

Selain meredakan nyeri otot, beberapa bahan alami ini juga mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Meski demikian, perlu diingat bahwa bahan-bahan ini hanya bersifat sementara.

Cuka apel

Melansir laman HCAH, cuka apel termasuk salah satu bahan alami yang efektif meredakan nyeri otot karena mengandung antiinflamasi.

Anda hanya perlu mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur 1 sdm cuka apel. Lakukan langkah tersebut dua hingga tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: Kenali penyebab dan cara mengatasi sakit leher

Pisang

Tubuh yang kekurangan kalium bisa menyebabkan rasa nyeri di beberapa bagian otot, lo. Untuk menghindari hal itu, cobalah mengonsumsi dua buah pisang setiap hari.

Pisang mengandung banyak kalium yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Kunyit

HCAH merekomendasikan kunyit untuk menyembuhkan nyeri otot. Sama seperti cuka apel, kunyit adalah salah satu jenis rempah yang mengandung banyak antiinflamasi.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi kunyit juga baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama-tama, campur1 sdt bubuk kunyit dalam segelas air hangat lalu minum campuran tersebut.

Anda bisa menambahkan sedikit madu agar rasanya lebih lezat. Untuk memaksimalkan efeknya, cobalah untuk mengonsumsi susu kunyit setiap sebelum tidur di malam hari.

Baca Juga: 6 Penyebab nyeri dada sebelah kanan, kenali

Jahe

Salah satu manfaat jahe digunakan sebagai obat nyeri otot.

Jahe jadi salah satu obat nyeri otot yang sebaiknya tidak Anda lupakan. Sama seperti bahan alami lainnya, jahe memiliki kandungan antiinflamasi yang cukup tinggi.

Namun, Anda perlu berkonsultasi dulu dengan dokter karena jenis rempah itu bisa menimbulkan iritasi pada kondisi tertentu.

Untuk caranya, rebus 2 sdm jahe yang sudah diparut dalam empat gelas air selama 10 menit. Setelah mendidih, saring air rebusan jahe dan diamkan dulu hingga dingin.

Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan sedikit lemon atau madu dalam air jahe.

Selanjutnya: Selain stres, ini 6 penyebab nyeri dada sebelah kanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru