Efektif menurunkan berat badan, ini 6 manfaat jeruk nipis

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif menurunkan berat badan, ini 6 manfaat jeruk nipis

ILUSTRASI. Berbagai macam manfaat jeruk nipis berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

KONTAN.CO.ID - Manfaat jeruk nipis berasal dari beragamnya nutrisi yang terkandung dalam jenis buah dengan rasa asam itu. Supaya efek yang Anda rasakan bisa maksimal, usahakan untuk mengonsumsi buah nipis secara teratur.

Mengutip dari Medical News Today, hanya terdapat 20 kalori dalam sebuah jeruk nipis. Artinya, rutin mengonsumsi jeruk nipis bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan yang cukup efektif.

Asam sitrat dalam jeruk nipis juga berguna untuk meningkatkan metabolisme sehingga ada lebih banyak kalori dalam tubuh yang terbakar.

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada beragam nutrisi lain yang terkandung dalam jeruk nipis. Mulai dari kalsium, fosfor, kalium, hingga vitamin C.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Selain memiliki banyak vitamin C, jeruk nipis dipenuhi pula dengan antioksidan. Kombinasi tersebut mampu meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Saat terinfeksi penyakit, misalnya, infeksi flu, proses penyembuhan bisa berjalan dengan lebih cepat.

Baca Juga: Bukan hanya alpukat, ini buah-buahan yang bikin kolesterol rontok

Mencegah dehidrasi

Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan untuk menghindari dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan adalah minum banyak air putih.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi jeruk nipis. Cobalah untuk mengonsumsinya dalam bentuk infused water supaya kebutuhan cairan tubuh tercukupi.

Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah menjaga kesehatan kulit.

Medical News Today mengatakan, jeruk nipis berguna untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Lagi-lagi, manfaat itu berasal dari banyaknya kandungan vitamin C dan antioksidan.

Usahakan untuk mengonsumsi jeruk nipis secara teratur untuk menghindari tanda penuaan dan masalah kulit yang lain.

Menurunkan gula darah

Jika Anda mencari cara menurunkan gula darah, maka mengonsumsi jeruk nipis bisa jadi salah satu pilihan. Terlebih jumlah gula darah yang melonjak setelah Anda mengonsumsi makan berat.

Jika Anda ingin mengombinasikan jeruk nipis dengan bahan alami lain, pastikan kandungannya tak berbahaya untuk tubuh, ya.

Baca Juga: 5 Cara sederhana terbukti cegah gula darah tinggi, cukup dengan tidur

Mencegah batu ginjal

Manfaat jeruk nipis adalah mencegah batu ginjal.

Manfaat jeruk nipis berikutnya adalah mencegah batu ginjal karena kandungan vitamin C yang tinggi. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan manfaat jeruk nipis tersebut.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Jeruk nipis memiliki banyak magnesium dan kalium sehingga mampu menjaga kesehatan jantung. Hasil penelitian lain pun menunjukkan, jenis buah itu mampu menurunkan kolesterol.

Dengan begitu, risiko serangan jantung dan jenis penyakit jantung yang lain dapat Anda hindari.

Selanjutnya: 6 Resep ramuan herbal tradisional yang bisa tingkatkan imun tubuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru