CLOSE [X]

Gunakan Kapur Barus, Ini 5 Cara Mengusir Lebah dari Rumah

Sabtu, 07 Mei 2022 | 13:00 WIB Sumber: The Spruce
Gunakan Kapur Barus, Ini 5 Cara Mengusir Lebah dari Rumah


KONTAN.CO.ID - Kehadiran lebah tidak selalu menyenangkan untuk sebagian orang. Apalagi, bila lebah membuat sarang di sekitar rumah Anda. Begini cara mengusir lebah dari rumah.

Secara umum, lebah tidak dianggap sebagai hama. Namun, perilaku mereka bisa menyebabkan kerusakan pada rumah Anda dan menjadi musuh yang dapat melukai manusia karena sengatannya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengusir atau mencegah lebah tanpa harus membunuhnya. Dilansir dari The Spruce, berikut beberapa cara mengusir lebah dari rumah:

Pastikan tong sampah tertutup

Tak hanya nyamuk, lebah juga suka mendatangi sisa makanan dan cairan bekas. Tong sampah yang tidak tertutup bisa menjadi tujuan lebah masuk ke dalam rumah, lalu membuat sarang di dekatnya.

Jadi, pastikan agar tong sampah di sekitar rumah Anda tertutup ya. Ini akan mencegah datangnya nyamuk, lalat, dan lebah sekaligus.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Jenis Tanaman Sukulen untuk Dipelihara di Rumah

Menambal retakan di rumah

Lebah suka membuat sarang di celah atau lubang. Ini artinya, Anda harus berhati-hati bila memiliki retakan di bagian rumah. Apalagi, bila lokasi itu jarang dijamah manusia.

Pastikan Anda menangani retakan di tepi dinding rumah atau di mana pun tempat kabel masuk ke dalam rumah, sebelum lebah membuatnya menjadi sarang.

Menanam tanaman penolak lebah

Tanaman manis biasanya akan memanggil lebah untuk datang. Namun, ada juga beberapa tanaman yang menawarkan manfaatnya untuk mencegah lebah datang.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengusir lebah tanpa harus membunuh mereka di sekitar rumah.

Tanaman tersebut adalah neem, mint, citronella, eucalyptus, cengkeh, thyme, dan wormwood. Tanaman bunga seperti marigold, geranium, atau pennyroyal juga dapat mencegah lebah.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Kucing Pipis Sembarangan di Dalam Rumah

Menggunakan semprotan minyak esensial

Semprotan minyak esensial dapat membantu mengendalikan hama untuk semua jenis serangga, termasuk lebah. Ini akan mengusir lebah tanpa membunuh mereka.

Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak esensial yakni cengkeh, geranium, dan serai.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak esensial peppermint saja. Campur ke dalam botol semprot ersama dengan beberapa sendok makan sabun cuci piring, air biasa, lalu kocok hingga menyatu.

Semprotkan larutan ini di permukaan sarang tawon bila Anda menemukannya dan tepian rumah mana pun yang biasanya didatangi lebah. Biasanya, lebah suka membangun sarang di tempat yang sama setiap tahun.

Menggunakan kapur barus

Salah satu aroma yang tidak disukai lebah adalah kapur barus. Aroma menyengat kapur barus memang dapat mengatasi bau tidak sedap, tetapi lebah sangat membencinya.

Anda bisa memanfaatkannya untuk mencegah lebah datang dan mengusirnya. Caranya, Anda dapat menggantungkan kapur barus di sekitar properti Anda atau di dekat sarang lebah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru