Hari toilet sedunia 19 November, ketahui 5 fakta ini

Jumat, 19 November 2021 | 15:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hari toilet sedunia 19 November, ketahui 5 fakta ini

ILUSTRASI. Beberapa fakta bisa Anda ketahui terkait hari toilet sedunia.


KESEHATAN -Jakarta. Tiap 19 November diperingati sebagai Hari Toilet Sedunia atau World Toilet Day. Peringatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang betapa pentingnya memiliki toilet dan sanitasi yang bersih.

Mengutip Plan International (plan-international.org), satu dari tiga orang di dunia tidak memiliki akses ke sanitasi yang memadai. Kondisi tersebut tentu saja memiliki pengaruh yang buruk. Sanitasi yang bersih bisa mencegah seseorang terinfeksi dari berbagai jenis penyakit.

Nah, untuk memperingati hari toilet sedunia, ada beberapa fakta yang sebaiknya Anda ketahui. Dengan begitu, kesadaran untuk memiliki dan menjaga kebersihan toilet di lingkungan tempat tinggal Anda menjadi lebih baik.

Frekuensi Seseorang Pergi ke Toilet

Tahukah Anda berapak kali dalam sehari seseorang pergi ke toilet? Secara rata-rata, tiap orang pergi ke toilet sebanyak empat sampai 10 kali dalam sehari. Frekuensi tersebut tentu saja meningkatkan risiko Anda terinfeksi kuman, apalagi di kondisi toilet yang tidak terawat.

Baca Juga: 7 Cara agar bisa BAB lancar dengan obat alami

Panjang Umur

Melansir Plan Internasional, toilet bisa menambah masa hidup manusia selama 20 tahun. Angka tersebut didapat dengan melihat data yang terjadi selama 200 tahun terakhir. Artinya, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan toilet supaya Anda dan keluarga bisa panjang umur.

Putus Sekolah

Karena kondisi toilet yang tidak memadai, ada sebanyak 20% perempuan di India yang memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan. Hal itu lebih banyak terjadi ketika mereka memasuki masa pubertas yang membutuhkan banyak ruang privasi.

Dengan keterbatasan dan tidak terjaminnya kebersihan toilet, perempuan-perempuan tersebut merasa tidak aman dan nyaman. Kalau hal itu terus terjadi, tentunya tidak baik untuk kondisi diri sendiri, keluarga, dan negara, kan?

Baca Juga: Tidak ingin menderita ambeien? Hindari melakukan 7 kebiasaan ini

Jumlah Feses

Hari toilet sedunia digunakan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan toilet.

Salah satu fungsi toilet adalah tempat untuk membuang feses. Kalau kebersihan toilet tak terawat, apakah Anda bisa membayangkan seberapa banyak penyakit yang bisa menginfeksi tubuh Anda karena feses tak dibersihkan dengan benar.

Mengurangi Risiko Diare

Salah satu jenis penyakit yang bisa menginfeksi tubuh Anda karena kebersihan toilet yang tidak terjaga adalah diare. Menurut sebuah penelitian, merawat kondisi toilet supaya selalu bersih bisa menurunkan risiko diare hingga 37.5%.

Selanjutnya: Pengunjung hotel mulai ramai, protokol kesehatan tak boleh abai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru