CLOSE [X]

Hindari 5 hal ini agar WFH menjadi efektif

Rabu, 25 Agustus 2021 | 16:02 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Hindari 5 hal ini agar WFH menjadi efektif

ILUSTRASI. WFH


KONTAN.CO.ID - Sudah sekitar 1,5 tahun pandemi virus corona melanda dunia dan membuat sebagian besar masyarakat harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Nah, selama periode waktu yang lama ini, persepsi kita tentang WFH mungkin telah banyak berubah. 

Awalnya, WFH menjadi sebuah anugerah yang menyenangkan lantaran kita bisa bekerja dari rumah sehingga memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga, olahraga maupun terhindar dari macet. 

Namun, di sisi lain WFH juga bisa menimbulkan dampak negatif lantaran dapat memicu kebiasaan buruk. Seperti lebih sering ngemil atau posisi tubuh yang buruk saat bekerja. 

Tak jarang, bekerja dari rumah juga menjadi kurang efektif lantaran muncul sejumlah gangguan. Dikutip dari Times of India, berikut 5 hal yang harus dihindari agar WFH menjadi efektif:

Baca Juga: Level PPKM sejumlah daerah turun, ini pengaturan sistem kerja ASN terbaru

1. Langsung bekerja setelah bangun pagi 

Salah satu hal yang membuat WFH menjadi tidak efektif adalah langsung bekerja usai bangun tidur di pagi hari. 

Dianjurkan untuk tidak memulai hari seperti itu lantaran bisa jadi saat Anda tidur pun masih memikirkan pekerjaan. Beri waktu atau jeda usai antara bangun tidur dengan bekerja dan tenangkan diri terlebih dahulu. 

2. Selalu bekerja di tempat tidur

Apakah Anda adalah seseorang yang sering mengerjakan pekerjaan di atas tempat tidur? Hal tersebut merupakan kebiasaan yang bisa membuat seseorang menjadi malas. 

Selain itu, bekerja sepanjang hari di tempat tidur juga bisa memengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang. Cobalah menjauh dari tempat tidur setidaknya ketika Anda sedang bekerja. 

Baca Juga: Resep Oatmeal Enak dan Segar, Gampang Dibuat dan Cocok untuk Teman WFH

3. Jangan fokus pada gadget

Beberapa orang terus-menerus cemas dengan pekerjaan mereka. Bahkan seharian mereka fokus melihat pemberitahuan yang ada di ponsel. Hal tersebut dapat memengaruhi kondisi mental dan menjauhkan diri dari keluarga. 

4. Tidak ada waktu istirahat

Tidak seperti bekerja dari kantor, sepertinya tidak ada cukup istirahat ketika Anda bekerja dari rumah. Anda selalu merasa bersalah karena berada di rumah sehingga memilih untuk tidak beristirahat. Tetapi, istirahat sangat penting untuk menyegarkan pikiran.

5. FOMO dan kecemasan serius

Saat berada di rumah, telepon dan email merupakan satu-satunya sumber informasi terkait tugas dan pekerjaan. 

Hal ini terkadang membuat kita berkewajiban membawa ponsel ke mana-mana dan menimbulkan rasa takut kehilangan pemberitahuan dan berita penting atau biasa dikenal dengan istilah Fear Of Missing Out (FOMO). 

Meskipun penting untuk tetap mendapat informasi terbaru tentang segala hal, kita perlu istirahat dan bersantai sejenak.

Selanjutnya: Kasus Covid-19 mereda, pengusaha minta PPKM DKI Jakarta diturunkan ke level 3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru