Ingin Cepat Dapat Kerja setelah Lulus? Intip Tips Mencari Kerja Buat Fresh Graduate

Jumat, 01 Maret 2024 | 12:25 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ingin Cepat Dapat Kerja setelah Lulus? Intip Tips Mencari Kerja Buat Fresh Graduate

ILUSTRASI. Ingin Cepat Dapat Kerja setelah Lulus? Intip Tips Mencari Kerja Buat Fresh Graduate.


MENCARI KERJA -  Setelah lulus bangku perkuliahan, lulusan baru atau fresh graduate dihadapkan dengan tantangan yang lebih besar yakni mencari pekerjaan. 

Melansir situs Telkom University (1/3) menjadi fresh graduate adalah tahap awal dalam memulai karier profesional. 

Meskipun belum memiliki pengalaman kerja yang signifikan, fresh graduate dituntun untuk memiliki potensi besar dalam berkembang dan berhasil di dunia kerja.

Label fresh graduate tentu tidak terus menerus dimiliki oleh seseorang. Umumnya batas waktu fresh graduate adalah 1-3 tahun setelah kelulusan. Setelah melewati periode tersebut seseorang biasanya tidak lagi dianggap lulusan baru. 

Baca Juga: BUMN Brantas Abipraya Buka Lowongan Kerja 22024 Buat Fresh Graduate, Cek Syaratnya

Namun aturan ini tidaklah paten dan setiap instansi memiliki peraturan yang berbeda tentang fresh graduate. 

Cukup banyak perusahaan yang mencari fresh graduate ketika membuka lowongan pekeraan. Sebab, lulusan baru dianggap memiliki potensi untuk berkembang dan mudah diarahkan sesuai kebutuhan instansi. 

Fresh graduate juga biasanya lebih up-to-date dengan pengetahuan hingga tekonologi terkini sehingga dapat menunjang pekerjaan. 

Berikut ini tips mencari pekerjaan pertama buat fresh graduate meski tanpa pengalaman, dirangkum dari situs Telkom University.

1. Mempersiapkan diri secara mental dan emosional 

Untuk menghadapi tantangan dalam dunia kerja lulusan baru atau fresh graduate perlu persiapan baik mental maupun emosionla. 

Anda juga perlu memperbarui dan meningkatkan keterampilan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang diminati. Ini bisa dilakukan melalui pelatihan tambahan, kursus online, atau magang. 

2. Membuat resume dan CV 

Resume dan curriculum vitae (CV) yang menarik dapat mencerminkan kemampuan dan prestasi Anda selama menempuh masa studi. 

Saat ini sudah banyak situs penyedia layanan pembuatan bahkan menyediakan template CV dan resume gratis yang bisa diakses secara online. 

3. Persiapan menghadapi wawancara kerja 

Wawancara kerja adalah salah satu tahap penting dalam rekrutmen kerja. Fresh graduate perlu mempelajari tentang perusahaan yang dilamar dan mempersiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan umum yang sering diajukan dalam wawancara. 

Sehingga ketika muncul pertanyaan ‘mengapa kami harus menerima anda fresh graduate’ dari HRD, Anda dapat menjawabnya dengan baik.  

Baca Juga: Lowongan Kerja BPJS Kesehatan Untuk Lulusan D3, Penempatan Sesuai Domisili

4. Membangun jaringan yang baik 

Networking atau jaringan juga penting bagi fresh graduate. Penting sekali untuk memanfaatkan kesempatan bertemu dengan profesional pada bidang yang diminati, menghadiri acara karier, atau bergabung dengan komunitas yang relevan. 

Networking dapat membantu fresh graduate dalam memperluas jaringan profesional, mendapatkan informasi tentang peluang pekerjaan, dan mendapatkan mentor yang dapat membimbing dalam memulai karier. 

5. Bersikap positif dan proaktif ketika mencari pekerjaan

Lulusan baru disarankan untuk aktif mencari informasi tentang lowongan pekerjaan, mengirimkan lamaran pekerjaan, dan mengikuti proses seleksi dengan sungguh-sungguh. 
Untuk memperoleh pengalaman dalam awal membangun karier, fresh graduate disarankan bersedia untuk mengambil pekerjaan entry-level atau magang . 

6. Realistis, tekun, dan tabah

Sebagai fresh graduate, penting untuk memiliki ekspektasi yang realistis. Anda mungkin tidak langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan, tetapi dengan kerja keras, dedikasi, dan kesempatan yang tepat, Anda dapat membangun karier yang sukses. 

Kemudian saat menghadapi tantangan dan kesulitan dalam mencari pekerjaan, fresh graduate juga perlu memiliki ketekunan dan ketabahan. 

Anda perlu siap untuk menghadapi penolakan dan kegagalan, tetapi tetap optimis dan terus berusaha untuk mencapai tujuan. 

Dengan persiapan yang tepat, sikap yang positif, dan kerja keras, fresh graduate dapat memanfaatkan peluang yang ada dan membangun karier yang sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru