Ini 10 Cara Menambah Followers Instagram secara Organik untuk Konten Kreator

Selasa, 09 Juli 2024 | 15:59 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 10 Cara Menambah Followers Instagram secara Organik untuk Konten Kreator

ILUSTRASI. Cara Menambah Followers Instagram secara Organik untuk Konten Kreator. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


INSTAGRAM - JAKARTA. Simak tips dan cara menambah followers Instagram secara organik. Bagi Anda yang ingin memulai brandin media sosial, Anda perlu menambah pengikuti untuk meningkatkan penyebarluasan konten secara alami.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang bertumbuh dengan konten yang sedang tren maupun tren yang telah memiliki penggemarnya sendiri.

Followers Instagram merupakan bagian penting agar profil atau akun Anda memiliki interaksi dari akun lainnya.

Dalam hal ini, kunci utama terletak pada pengembangan konten berkualitas yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga memberikan nilai tambah bagi audiens.

Anda perlu mempelajari menumbuhkan followers Instagram secara organik adalah dengan melakukan riset pasar yang tepat.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Privasi Akun Twitter X bagi Pengguna

Dengan memperhatikan detail-detail kecil, seperti kualitas konten, cara pengambilan, hingga cara menyampaikan cerita yang personal di balik dapat menciptakan konten yang memikat.

Cara menambah Followers Instagram secara organik

Ilustrasi Instagram

Selain itu, memanfaatkan berbagai jenis konten seperti foto, Reels, dan Stories, serta memposting di waktu yang optimal berdasarkan analitik Instagram, akan membantu menjangkau lebih banyak pengguna dan mempertahankan minat pengikut.

Anda dapat menggunakan alat analitik untuk mendapatkan wawasan tentang kreator lain selain Anda. kapan dan apa yang diposting, bagaimana berinteraksi dengan audiens, jenis konten apa yang menghasilkan kegembiraan dan apa yang kurang berhasil.

Berikut ini tips dan cara menambah followers Instagram yang wajib diketahui oleh konten kreator, dilansir dari laman Sosial Insider.

Baca Juga: Tips Sukses Jadi Selebgram di Media Sosial Bagi Pemula

1. Kembangkan Konten Berkualitas

Apabila Anda bertanya-tanya apa yang menjadi dasar dari strategi Instagram yang hebat, jawabannya sederhana: konten berkualitas. Namun, mengembangkannya tidaklah mudah. Konten berkinerja tinggi dengan ide orisinal dapat memakan waktu dan memerlukan banyak sumber daya.

Anda menggunakan jenis dan jumlah konten yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan pengikut baru secara organik. Perlu diingat bahwa Instagram adalah tentang visual, dan Anda bersaing dengan beberapa postingan yang mengesankan.

HP saat ini sudah lebih dari mampu mengambil beberapa foto yang luar biasa. Namun, foto tetaplah hanya foto jika Anda tidak menciptakan cerita di baliknya dan memberikannya sentuhan pribadi.

Hal penting lainnya adalah memposting konten bermakna sesekali. Lebih baik mengetahui bahwa konten Anda memenuhi standar pengikut, sesuai dengan tujuan dan nilai Anda.

2. Kerjakan Keterangan Postingan

Berbicara tentang cerita, sangat penting untuk memikirkan keterangan yang hebat. Anda bisa memiliki Reel Instagram yang luar biasa atau carousel yang top, tetapi semuanya bisa sia-sia jika keterangan Anda tidak menarik perhatian pembaca untuk belajar lebih banyak.

Keterangan adalah cara terbaik untuk mengisi kekosongan dan menceritakan kisah indah kepada pengikut Anda yang bisa membuat mereka berinteraksi dengan postingan Anda (like, share, comment).

Namun, jika keterangan postingan Instagram Anda terlalu panjang, tidak ada yang akan membacanya dan akan dengan cepat menggulir ke postingan berikutnya di feed.

Buat pesan Instagram Anda pendek, manis, dan sederhana, dan akan mencapai lebih banyak orang dari yang dikira.

3. Alternatifkan Jenis Postingan

Anda bisa memilih antara foto, carousel, Reel, dan Stories. Lebih baik jika Anda mengubah-ubahnya, menunjukkan kepada pengikut betapa kreatifnya akun Anda. Dengan terus menghadirkan sesuatu yang baru dan mengikuti tren terbaru, pengikut Anda akan lebih menghargai konten Anda.

Anda perlu menghindari monoton. Memposting jenis konten yang sama setiap hari akan menyebabkan penurunan jumlah pengikut, dan ini adalah hal terakhir yang Anda inginkan.

4. Posting di Waktu yang Optimal

Saat merencanakan konten Anda, sebaiknya gunakan alat analitik Instagram untuk melihat waktu terbaik untuk memposting, berdasarkan demografi Anda. Jika Anda hanya memposting konten Anda pada waktu acak, Anda tidak bisa mengharapkan pengikut Anda untuk segera berinteraksi dengan konten tersebut.

Bergantung pada target audiens Anda, Anda harus melihat interval waktu di mana paling aktif di Instagram. Dengan cara ini, Anda akan tahu persis kapan harus menjadwalkan konten Anda untuk mencapai lebih banyak pengguna.

5. Prinsip User Generate Content (UGC)

Saat orang membeli produk atau layanan Anda, mereka mungkin ingin berbagi pendapat tentangnya dengan komunitas. Jika mereka menandai Anda, pastikan untuk meninggalkan komentar di postingan, berterima kasih atas umpan balik mereka.

Anda bahkan bisa melangkah lebih jauh dan membagikan postingan di Stories, meningkatkan jangkauan postingan dan mempromosikan transparansi merek.

Terlepas dari pendapat, ingat bahwa Anda ada di sana untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda melakukan yang terbaik.

Meta melakukan pembaharuan IG Reels

6. Branding dan Nilai

Strategi yang baik untuk menumbuhkan pengikut Instagram secara organik adalah dengan membuat semua postingan Anda mudah dikenali dengan menambahkan elemen branding yang halus pada setiap postingan Anda.

Pikirkan tentang warna, nada suara, pesan spesifik. Memperhatikan segala sesuatu yang berarti "tampilan dan nuansa" adalah strategi pemasaran yang hebat.

Jangan takut untuk mengasosiasikan nilai-nilai yang kuat dan dapat diterima dengan nama Anda. Memilih warna tertentu, sudut pandang, dan perspektif saat mengembangkan konten benar-benar dapat membuat Anda menonjol dari kreator lain.

7. Konsistensi

Banyak pemasar telah belajar bahwa konsistensi adalah sesuatu yang dapat diandalkan saat mengembangkan konten Instagram. Saat merencanakan bagaimana menumbuhkan Instagram secara organik, sangat penting untuk konsisten.

Jenis postingan yang Anda gunakan, cara Anda menulis keterangan, cara Anda mengedit konten, dan warna yang Anda gunakan menjadi ciri khas Anda di Instagram tanpa Anda sadari.

Pengikut Anda akan mencarinya di setiap postingan dan konsistensi Anda akan memberikan konten kreator rasa familiar, semakin terhubung dengan akun Anda.

8. Pelajari Metrik

Konsistensi tidak hanya tercermin dalam cara kreator mengembangkan konten, tetapi juga dalam cara Anda menganalisis kinerja postingan Anda dalam jangka waktu tertentu.

Melihat data dapat membantu Anda mengetahui jenis konten apa yang lebih banyak menarik audiens Anda, apa yang paling menarik minat, dan kapan waktu terbaik untuk memposting.

Instagram memiliki alat analitik untuk melihat performa konten hingga profil Anda dalam jangka waktu tertentu.

9. Gunakan Hashtag untuk Mendapatkan Traksi

Digunakan dengan benar, hashtag dapat membantu menyebarkan pesan Anda kepada pengguna yang belum pernah mendengar tentang akun dan membantu Anda menumbuhkan audiens.

Anda tidak hanya akan mendapatkan lebih banyak pengikut, tetapi pengikut tersebut akan menjadi orang-orang yang benar-benar tertarik pada topik yang dijelaskan oleh hashtag Anda, yang kemungkinan besar akan berinteraksi dengan Anda.

Jadi pastikan Anda menggunakan hashtag yang cukup populer, tetapi tidak terlalu umum.

10. Evaluasi Akun

Bagi Anda yang membuat konten dengan suara dan pesan sendiri, ini dapat memainkan peran besar dalam menjadi konsisten. Anda dapat memikirkan akun instagram Anda sebagai seseorang: cara terlihat dan berbicara, suka dan tidak suka, semuanya adalah bagian dari kepribadian mereka.

Apabila Anda ingin akun tumbuh secara organik di Instagram, Anda harus mendefinisikan ciri khas konten Anda.

Demikian informasi terkait cara menambah followers Instagram secara organik agar sukses mendapatkan engagement yang baik.

Selanjutnya: Pameran AKI 2024 di Blitar dan Palu Datangkan Banyak Manfaat Bagi Peserta

Menarik Dibaca: Rupiah Nyaris Kehabisan Tenaga, Menguat Tipis di Rp 16.251 per dollar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru