Ini 4 Cara Mengatasi Kulit Kering setelah Mandi beserta Penyebabnya

Selasa, 06 Februari 2024 | 10:03 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 4 Cara Mengatasi Kulit Kering setelah Mandi beserta Penyebabnya

ILUSTRASI. Ilustrasi mandi air dingin


KESEHATAN - JAKARTA. Pahami cara mengatasi kulit kering setelah mandi yang bisa Anda lakukan. Setelah mandi, banyak dari kita mengalami kulit kering yang tidak hanya membuat tidak nyaman, tetapi juga dapat memicu berbagai masalah kulit.

Seringkali, kelembapan alami kulit terkikis oleh air panas dan penggunaan produk pembersih tertentu, menyebabkan kulit terasa kering, kasar, bahkan bersisik.

Bagi beberapa orang, mencari cara efektif untuk mengatasi kulit kering setelah mandi bisa menjadi tantangan tersendiri.

Oleh karena itu, penting untuk memahami beberapa kebiasaan dan langkah perawatan yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit setelah mandi, sehingga dapat merawat dengan konsisten.

Baca Juga: Ini 6 Gejala Selangkangan Gatal dan Terinfeksi hingga Cara Mencegah Kambuh

Anda perlu memahami beberapa penyebab kulit kering bisa terjadi dan disadari setelah mandi.

Penyebab kulit kering setelah mandi

Kulit Kering

Kulit kering setelah mandi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan memahami penyebabnya dapat membantu dalam mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya. Beberapa penyebab umum kulit kering setelah mandi antara lain:

  • Air Panas: Mandi dengan air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit dan merusak lapisan perlindungan kulit.
  • Sabun dan Produk Pembersih: Beberapa sabun dan produk pembersih mengandung bahan kimia keras yang dapat mengurangi kelembapan alami kulit.
  • Terlalu Sering Mandi: Mandi terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami dan mengeringkan kulit.
  • Cuaca Ekstrem: Cuaca ekstrem, terutama cuaca dingin dan angin kering, dapat menyebabkan kekeringan kulit.
  • Kondisi Kulit: Beberapa kondisi kulit seperti dermatitis atopik atau psoriasis dapat membuat kulit lebih rentan terhadap kekeringan.
  • Penggunaan Handuk yang Kasar: Menggosok kulit terlalu keras dengan handuk kasar setelah mandi dapat merusak kulit dan membuatnya kering.
  • Kurangnya Kelembapan: Tidak menggunakan pelembap setelah mandi dapat meninggalkan kulit tanpa perlindungan kelembapan yang cukup.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Gatal dengan 6 Bahan Alami dari Rumah

Cara mengatasi kulit kering setelah mandi

Berikut ini beberapa tips mudah untuk mengatasi kulit kering setelah mandi yang bisa Anda coba, dilansir dari laman Byrdie.

1. Hindari mandi air panas

Hindari menggunakan air panas saat mandi atau berendam jika Anda memiliki kulit kering. Meskipun terasa menyenangkan, mandi air panas dapat menghilangkan kelembapan dan minyak dari kulit Anda, membuatnya kering dan bersisik.

Seorang dermatolog merekomendasikan penggunaan air hangat daripada air panas dan membatasi waktu mandi maksimal 15 menit. Selain itu, kurangi waktu di bawah air pancuran. Menggunakan air hangat dan membatasi waktu mandi dapat mencegah kulit menjadi terlalu kering.

Terkait dengan itu, air panas dapat membuat rambut kering dan kusut, serta mempercepat pudarnya warna rambut. Disarankan untuk membersihkan rambut dengan air dingin.

2. Hindari produk buih keras

Hindari mandi berbuih dan produk berbahan keras untuk menghindari kulit kering. Aroma dalam mandi berbuih dapat menyebabkan gatal, ruam, atau eksim, terutama bagi mereka yang peka atau alergi terhadap aroma.

Cari produk bebas aroma, karena produk tanpa aroma masih mungkin memiliki aroma penyamar. Alih-alih mandi berbuih, pilih bubuk oatmeal atau susu yang menenangkan untuk pengalaman mandi yang lebih baik.

3. Cukur rambut kulit dengan baik

Pastikan Anda bercukur dengan benar untuk mencegah kulit kering, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Bercukur melawan arah pertumbuhan rambut dapat menyebabkan iritasi, pertumbuhan rambut yang tertanam, dan jerawat.

Ahli dermatolog merekomendasikan bercukur di dalam shower sebagai langkah terakhir ketika kulit terhidrasi, menggunakan krim atau gel cukur, secara teratur memutar pisau cukur, dan mencuci wajah atau kulit setelah bercukur.

Pastikan untuk menggunakan pelembap setelah bercukur dengan produk yang mengandung bahan pelembap seperti aloe dan minyak esensial, hindari produk yang mengandung alkohol.

Keringkan kulit dengan menepuk-nepuk lembut daripada menggosok saat keluar dari shower atau mandi untuk menjaga kelembapan kulit.

Dengan menepuk kulit Anda kering atau menggosok dengan lembut, kulit akan dapat mempertahankan lebih banyak kelembapan yang akan Anda segel dengan langkah selanjutnya: pelembap tubuh.

4. Pakai Pelembap

Anda dilarang melewatkan langkah melembapkan kulit setiap kali Anda keluar dari shower atau mandi. Untuk menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi, sebaiknya membiasakan diri menggunakan pelembap tubuh yang baik segera setelah keluar dari shower untuk membantu melindungi penghalang kulit dan menghidrasi kulit.

Selain itu, saran lainnya untuk cuaca yang lebih dingin dan kering, pilih pelembap yang lebih tebal. Lotion dan krim yang lebih tebal akan bertindak sebagai penghalang, menyegel kelembapan di bawahnya.

Pada malam hari, lapisan di atas pelembap dan produk perawatan kulit lainnya akan membantu menyegel kelembapan.

Itulah beberapa penjelasan dari cara mengatasi kulit kering setelah mandi yang bisa Anda coba.

Selanjutnya: Prediksi Man City vs Everton (10/2) Cek Jadwal Liga Inggris Pekan 24

Menarik Dibaca: Harga Emas Spot Meredup pada Selasa (6/2) di Tengah Ekonomi AS Menguat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru