Ini 4 manfaat buah tin, bisa menurunkan berat badan

Jumat, 24 September 2021 | 07:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 manfaat buah tin, bisa menurunkan berat badan

ILUSTRASI. Penurun berat badan termasuk salah satu manfaat buah tin.


KESEHATAN - JAKARTA. Manfaat buah tin datang dari antioksidan, vitamin, dan jenis mineral yang lain. Dengan konsumsi rutin, kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk salad. Buah tin kering juga cocok dijadikan camilan.

NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa makan buah tin secara teratur bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Alasannya karena kandungan serat yang cukup tinggi sehingga Anda bisa merasa kenyang dalam waktu yang relatif lama.

Meski demikian, buah tin memiliki kalori yang cukup tinggi. Jadi, konsumsilah buah tin sesuai dengan porsi yang diasarankan dokter. Selain menurunkan berat badan, masih banyak khasiat lain yang dimiliki jenis buah itu.

Menurunkan Gula Darah

Memiliki gula darah yang terlalu tinggi tak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Untuk menurunkan gula darah, Anda bisa rutin makan buah tin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa khasiat itu berasal dari kandungan kalium dan asam klorogenat.

Baca Juga: 7 Cara efektif mengecilkan perut buncit yang mengganggu penampilan

Mencegah Sembelit

Manfaat buah tin adalah mengobati sembelit.

Sembelit ditandai dengan frekuensi buang air besar kurang dari tiga kali dalam satu minggu. Feses yang keluar pun memiliki tekstur keras. Sembelit yang terus dibiarkan tidak baik untuk sistem pencernaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa rutin mengonsumsi buah tin.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, cobalah untuk mulai membiasakan diri makan buah tin. Seperti yang telah disebutkan, buah tin memiliki kandungan kalium. Nah, jenis mineral itulah yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kalium juga bisa memperlancar aliran darah. Tak hanya itu, kandungan dalam buah tin pun mampu menurunkan jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh. Artinya, kesehatan jantung dapat terjaga. Risiko serangan jantung dan jenis penyakit jantung lain dapat Anda hindari.

Baca Juga: Tak ingin asam lambung kumat? Jangan coba-coba konsumsi makanan dan minuman ini

Menjaga Kekuatan Tulang

Manfaat buah tin berikutnya yang disebutkan NDTV Food adalah jenis buah itu mampu menjaga kekuatan tulang. Umumnya, Anda membutuhkan 100 mg kalsium per hari. Untuk memenuhinya, Anda bisa memasukkan buah tin dalam menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Supaya manfaat buah tin tersebut bisa Anda dapat secara maksimal. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin, ya. Jangan lupa pula untuk tetap membicarakannya dulu dengan dokter. Khususnya bagi Anda dengan kondisi kesehatan tertentu.

Selanjutnya: Awas, berat badan bisa naik! Ini efek samping pisang untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru